Rahasia Santan Balok Menjadi Santan Cair Dalam Hitungan Detik

  Rahasia Santan Balok Menjadi Santan Cair Dalam Hitungan Detik



Dalam sebuah usaha, tidak hanya usaha industri besar saja, bahkan bagi pengusaha skala kecil / UKM pasti membutuhkan alat atau mesin untuk membantu mengembangkan usahanya. Mengapa demikian ? tidak perlu dipungkiri bawasannya sebuah alat atau mesin mampu memproduksi atau mengolah bahan dalam jumlah banyak dibandingkan menggunakan cara manual, selain itu proses ini  akan menghasilkan output lebih bagus dibadingkan secara manual. Kita ambil contoh ice crusher / es serut, anda tentu pernah melihat es serut manual, coba bandingkan dengan mesin yang otomatis, tentu hasil yang diproduksi lebih banyak dan hasil serut lebih maximal. Nha kali ini kita akan membahas mesin ice crusher kapasitas industri, es serut ini berbeda dengan mesin serut yang biasa digunakan dirumah - rumah makan , mesin ice crusher yang kami maksud yaitu mesin kapasitas cukup besar, bahkan bisa disebut mesin industri skala pabrikan. Berbicara skala pabrikan tentu membutuhkan yang high quality, safety , and large capacity, seperti apa itu, mari kita bahas satu per satu :

1. High Quality

Quality Control mutu dalam produksi pangan / food processing merupakan proses untuk memastikan bahwa alat untuk mengolah produk pangan memenuhi standar mutu tertentu dan persyaratan peraturan sebelum dilepaskan atau dikonsumsi oleh konsumen. Hal ini lebih lanjut melibatkan pemantauan dan pengujian Material mesin/ alat yang digunakan, proses produksi, dan produk jadi untuk memastikan bahwa bahan tersebut memenuhi spesifikasi tertentu dan aman untuk dikonsumsi. Quality control dalam produksi makanan sangat penting untuk menjaga konsistensi produk, memastikan keamanan pangan, dan memenuhi harapan konsumen. Untuk makan kami CV. Multiraya Solusindo menggunakan minimal bahan stainless steel type 304, khusus mesin ice crusher produksi CV. Multiraya Solusindo menggunakan Stainless Stell type 316 yang tentunya kualitas diatas 304.

Apa itu stainless steel type 316 .. ?

Material SS 316 mempunyai tambahan molybdenum yang memberikan ketahanan terhadap klorida maupun bahan kimia pengolahan yang lainnya. sehingga dapat meningkatkan ketahanan korosi, Biasanya stainless steel 316 diaplikasikan di berbagai aplikasi industri yang melibatkan bahan kimia, dan lingkungan yang memiliki salinitas tinggi seperti daerah pesisir pantai. Karena memiliki kualitas yang non reaktif, SS 316 juga diaplikasikan dalam pembuatan instrumen bedah medis.

Dari deskripsi diatas bisa diambil kesimpulan jika dalam pengolah makan atau food processing memerlukan alat / mesin yang high quality seperti yang diproduksi CV. Multiraya Solusindo. Inspeksi dan pengujian adalah alat penting untuk pengendalian kualitas dalam produksi makanan. Inspeksi melibatkan pemeriksaan produk makanan, bahan mentah, pengemasan, peralatan, dan seluruh proses produksi untuk memastikan bahwa semuanya memenuhi standar yang disyaratkan.

 

2.      Safety

Dalam membuat suatu alat atau mesin, CV. Multiraya Solusindo selalu mengutamakan Keamanan, khususnya dalam hal kelistrikan (Safety). Hal ini meruapakan upaya yang dilakukan CV.Multiraya Solusindo saat melakukan pembuatan mesin untuk menghindari segala macam bahaya yang mungkin terjadi, sehingga keselamatan  customer tetap aman dan terjaga. Dengan adanya penerapan safety yang baik, peluang kecelakaan atau kelalaian dalam melakukan beragam pekerjaan dapat diminimalisir. Hal ini juga diterapkan di Mesin Ice Crusher seperti foto berikut :



Mesin ini sudah dirancang dengan menggunakan double protection, mulai dari panel, dinamo heater dan blower menggunakan type IP 66, yaitu Perlindungan secara total dan menyeluruh terhadap debu, kontak langsung, bahkan semprotan air dari water jet. Hal ini penting sekali , khususnya untuk lokasi produksi yang sifatnya lembab atau banyak bahan bahan cair. Mungkin anda semua sudah tidak asing lagi dengan sebutan dinamo terbakar / konsleting listrik. Jika hal ini tidak diperhatikan akan sangat berakibat fatal bagi pengguna mesin.

3. Large Capacity

Jika usaha sudah besar atau disebut skala pabrikan, pasti membutuhkan mesin yang memiliki kapasitas besar, tujuannya yaitu dengan adanya permintaan yang besar mampu mengejar target produksi. Kapasitas mesin ice crusher ini mengolah santan beku, yang akan di giling kemudian dipanaskan dengan heater agar keluar sudah menjadi santan cair dengan spesifikasi sebagai berikut :

Spesifikasi  (Mesin Crusher Es Balok Custom) :

Kapasitas                     : 2-3Ton/ Jam (Ukuran Es 40 x 40x 10 cm )

Dimensi Hopper           : 45 x 45 x 45cm

Rangka                          : Pipa Kotak Ss 304

Body | Contact Product : Ss 316

Crusher Blade                : 1 Set

Blower Heater                : 1000 Watt x 3 Pcs

Penggerak Crusher         : 5 HP

Daya                                : 3750 Watt

Voltase                             : 380 V | 3 Phase

Dimensi Mesin                : Menyesuaikan Tinggi Bak Penampung 70cm

Kelengkapan                    : Roda + Box Panel Mesin

  

Tambahan :

·           Komponen listrik menggunakan Merk Schneider Overload motor pakai Schneider gv2mexx dan TOR LRxx sesuai rated motor (Double Protection)

·           Tersedia Thermocontroller untuk pengaturan suhunya

·           Panel standar IP56 - IP66

·           Motor standar IP56 – IP66

·           Blower heater ( terlindungi dari percikan air)

·           Blower heater with overload protection.

·           Panel tahan guncangan



Video Pengoperasian Mesin Ice Crusher

SEMOGA BERMANFAAT


 

Posting Komentar

0 Komentar