CARA MENGOLAH SUSU UNTUK USAHA KECIL MENENGAH



CARA TEPAT MENGOLAH SUSU UNTUK PELUANG USAHA BARU

cara-cepat-mengolah-susu-usaha-ukm
 

Susu merupakan minuman yang digemari oleh semua kalangan masyarakat. Tidak dipungkiri juga, susu merupakan kebutuhan utama bagi tubuh manusia, karena kandungan dan khasiatnya yang baik bagi tubuh. Pada era sekarang ini, dengan kemajuan teknologi, tidak sedikit yang memilih susu sebagai komoditi utama usahanya. Karena susu sendiri merupakan hasil dari peternakan, yang juga mudah untuk di budi daya kan, khususnya untuk beberapa jenis hewan ternak tertentu. Tidak hanya dari hewan ternak saja, tetapi dari bidang perkebunan juga bisa menghasilkan susu, dari biji bijian. Usaha Kecil Menengah dengan memproduksi susu menjadi pilihan para pengusaha sekarang, karena tidak hanya menjanjikan keuntungan, tetapi juga mudah untuk pengolahannya. Sebelum melaju untuk membahas mengenai teknologi apa saja yang dapat digunakan untuk pengolahan susu, kita sebaiknya mengetahui terlebih dahulu hal hal yang perlu diperhatikan mengenai susu itu sendiri. Karena untuk sebelum terjun ke usaha yang anda pilih, mengetahui secara rinci mengenai komoditi yang akan diolah adalah salah satu langkah untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai pengertian susu secara umum.

Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain lainnya untuk konsumsi manusia. Susu mempunyai banyak fungsi dan juga manfaat, khususnya untuk segala usia. Untuk umur produktif atau masa perkembangan, susu sangat membantu untuk pertumbuhan, sedangkan untuk orang lanjut usia, susu membantu untuk menopang tulang agar tidak keropos, karena semakin menua, tulang manusia akan semakin rapuh. Susu secara alami mengandung nutrisi penting, seperti macam macam vitamin, protein, kalsium, fosfor, magnesium, zinc, mineral dan juga lemak. Sebagian besar hewan mamalia, termasuk manusia, susu diberikan oleh induk melalui kelenjar susu induk. Beberapa kebudayaan meneruskan kebiasaan memberi air susu kepada bayi nya hingga umurnya mencapai 7 tahun. Sedangkan pada ternak, khususnya sapi, anak sapi diberikan susu selama sekitar 3 bulan, namun bisa disapih lebih dini dengan pemberian pakan brangkasan jagung. Susu terus diproduksi dengan cara mendirikan peternakan sapi perah. Pada zaman ini, susu tidak hanya diminum, melainkan diolah menjadi mentega, yogurt, bahkan es krim. Susu pun terus dikembangkan seiring dengan kemajuan zaman. Di Eropa, industri susu sangat maju dalam hal teknologi dan kualitas susu itu sendiri. Susu yang diproduksi di Eropa, rata-rata mengandung kandungan gizi yang tinggi. Saat masih berada di dalam kelenjar susu, susu dinyatakan steril. Namun, apabila sudah terkena udara, susu sudah tidak bisa dijamin kesterilannya. Adapun syarat susu yang baik meliputi banyak faktor, seperti warna, rasa, bau, berat jenis, kekentalan, titik beku, titik didih, dan tingkat keasaman. Warna susu bergantung pada beberapa faktor seperti jenis ternak dan pakannya. Warna susu normal biasanya berkisar dari putih kebiruan hingga kuning keemasan. Warna putihnya merupakan hasil dispersi cahaya dari butiran-butiran lemak, protein, dan mineral yang ada di dalam susu. Lemak dan beta karoten yang larut menciptakan warna kuning, sedangkan apabila kandungan lemak dalam susu diambil, warna biru akan muncul. Susu terasa sedikit manis dan asin (gurih) yang disebabkan adanya kandungan gula laktosa dan garam mineral di dalam susu. Rasa susu sendiri mudah sekali berubah bila terkena benda-benda tertentu, misalnya makanan ternak penghasil susu, kerja enzim dalam tubuh ternak, bahkan wadah tempat menampung susu yang dihasilkan nantinya. Bau susu umumnya sedap, namun juga sangat mudah berubah bila terkena faktor di atas. Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Susu

Jika berbicara tentang susu, selain susu yang berasal dari hewan juga terdapat susu yang berasal dari biji bijian. Jenis jenis susu kan dijelaskan di bawah ini.

1.      Susu sapi
Jenis susu yang pasti sudah anda ketahui. Karena memang sapi perah merupakan ternak penghasil susu yang sangat dominan, dibandingkan dengan hewan ternak lainnya. Susu sapi termasuk jenis susu yang paling banyak digemari dan dikonsumsi di seluruh dunia. Mulai dari bayi dan anak anak yang umumnya mengkonsumsi susu formula dengan bahan dasar susu sapi, remaja, orang dewasa, hingga lanjut usia. Susu sapi yang banyak di jual di pasaran umumnya juga sudah di fortifikasi dengan sejumlah zat gizi penting yang di sesuaikan juga dengan kebutuhan gizi kelompok yang mengkonsumsinya. Budi daya sapi perah juga merupakan pilihan usaha yang juga menjanjikan keuntungan, dikarenakan permintaan akan susu sapi di negara Indonesia selalu bertambah setiap waktunya. Selain langsung disajikan untuk diminum, susu juga merupakan bahan baku untuk beberapa menu makanan ataupun kue. Maka dari itu usaha pengolahan susu sapi merupakan salah satu cara untuk meraup keuntungan yang menjanjikan, dilihat dari begitu banyaknya permintaan susu sapi di masa sekarang ini.

2.      Susu kambing
Selain susu sapi, untuk jenis susu yang populer di kalangan masyarakat adalah susu kambing. Meski susu kambing populer di Indonesia, tetapi untuk penyediaan belum sebanyak susu sapi. Jika pada sapi perah dikenal dengan keturunan holstein sebagai penghasil susu utama, di keluarga kambing terkenal sebagai penghasil susu adalah jenis saanen. Jenis kambing penghasil susu lainnya adalah nubian atau penghasil sedikit susu dengan kadar lemak tinggi, kambing ettawa, kambing oberhasli, kambing alpine, dan juga toggenburg. Khasiat susu kambing juga tidak kalah dengan susu sapi. Susu kambing juga baik untuk diet dan obat untuk penyakit asma. Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing masih lebih mahal dikarenakan tidak banyak yang membudi dayakan kambing untuk diambil susunya, meski permintaan di pasaran mengenai susu kambing sudah tinggi.

3.      Susu unta
Selain susu kambing dan juga susu sapi, ada juga unta sebagai penyedia susu. Unta berpunuk satu sudah dikembang biakkan dari dulu di daerah Arab Saudi untuk dimanfaatkan daging dan juga susunya. Susu unta mengandung sedikit lemak dan juga laktosa, sementara kandungan pottasium, zat besi 10 kali lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi, dan kandungan vitamin C nya 3 kali lebih tinggi juga dari susu sapi. Susu unta mengandung tingkat kolesterol sampai dengan 40% lebih rendah dari susu sapi serta memiliki kandungan mineral seperti sodium dan magnesium yang tinggi. Dilihat dari beberapa hal diatas, susu unta tentunya lebih menyehatkan daripada susu sapi. Selain itu susu unta juga baik bagi pencernaan. Tetapi meski seperti itu, susu unta di Indonesia masih sangat jarang karena memang hampir dibilang tidak ada yang membudi daya kan unta untuk diambil susunya. Meski sudah ada yang menjual susu unta olahan di Indoensia, tetapi untuk harga tentunya mahal karena merupakan bahan import.

4.      Susu domba
Susu domba lebih mudah dicerna tubuh manusia ketimbang susu sapi. Susu domba juga bisa dijadikan susu pengganti bagi mereka yang alergi terhadap susu kambing atau susu sapi. Kandungan mineralnya seperti kalsium, fosfor, seng, dan vitamin B kompleksnya mencapai dua kali lipat susu sapi yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan. Sayangnya, susu domba memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, sehingga tidak baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol. Untuk jumlah peternak untuk budi daya susu domba di Indonesia tidak sebanyak susu sapi , tetapi bisa dibilang sama dengan jumlah peternak susu kambing.

5.      Susu Kuda
Susu jenis ini mengandung kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi, dengan lemak tak jenuh dan asam lemak rantai pendek membuat susu kuda ini dapat mudah diserap oleh tubuh. Susu ini dikenal karena khasiatnya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh dan stimulasi pembersihan organ dalam tubuh. 

6.      Susu kerbau
Susu kerbau ini mengandung banyak protein, kalsium, fosfor, besi, dengan kandungan kolesterol yang rendah sehingga baik dikonsumsi bagi para penderita kolesterol tinggi. Untuk segi tekstur susu nya, susu kerbau memiliki tekstur yang lebih kental karena mengandung sedikit air. Untuk segi warna, susu kerbau memiliki warna yang lebih putih bersih daripada susu sapi.

7.      Susu keledai
Susu keledai berwarna putih bersih. Susu ini dianggap sebagai obat terbaik oleh masyarakat Yunani. Kadar asam lemak, mineral, serta vitamin A,B,C,D dan E nya sangat tinggi. Itu sebabnya susu ini bisa mencegah penuaan, mampu meregenrasi kulit, dan menjaga kelembaban kulit.

8.      Susu Kedelai
Setelah beberapa susu diatas adalah susu yang didapat dari hasil ternak, untuk kali ini adalah beberapa jenis susu dari jenis biji bijian. Susu kedelai merupakan susu terbaik setelah susu kambing dan juga susu sapi. Untuk mendapatkan susu kedelai juga sangat mudah, karena pengusaha susu kedelai juga makin banyak di masa sekarang ini. Susu kacang kedelai merupakan hasil sari kacang kedelai murni yang di olah menjadi susu segar dan mengandung manfaat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan tubuh. Susu kacang kedelai ini baik dikonsumsi bagi penderita alergi susu hewani. Karena juga susu kedelai ini merupakan jenis susu nabati yang kaya akan serat dan juga protein. Susu kacang kedelai juga mempunyai khasiat untuk membunuh sel sel kanker yang ada di dalam tubuh.

9.      Susu kacang mete
Selain susu kedelai ada juga susu lain yang terbuat dari biji bijian. Seperempat cangkir kacang mete bisa memasuk sampai 38% asupan nutrisi dalam tubuh. Manfaat dari susu mete adalah mengembangkan tulang dan juga jaringan ikat.

10.  Susu Gandum
Pasti Anda lebih tahu gandum lebih banyak digunakan sebagai sereal atau sejenis roti gandum daripada susu. Ternyata, selain untuk pembuatan sereal dan roti, gandum juga dibuat menjadi susu. Masalah manfaat kesehatannya jangan ditanya lagi, susu gandum bebas kolesterol dan laktosa. Nah, jadi ini pilihan tepat untuk Anda yang sedang menjalani diet untuk penurunan berat badan.

Setelah mengetahui beberapa jenis ternak dan biji bijian yang dapat diproduksi untuk menghasilkan susu, langkah selanjutnya adalah menentukan segmen pasar yang akan anda tuju untuk produk susu anda. Tentunya jika dari segi kualitas susu anda sudah bagus dan akan menarik minat dari pembeli, langkah selanjutnya adalah cara memasarkan susu dengan tepat sehingga akan menjanjikan keuntungan dan tentu akan anda dapat pemesanan secara berkala. Untuk memasarkan produk susu, tentunya konsumen juga akan menanyakan mengenai bagaimana kualitas dari susu, atau bagaimana proses pembuatannya. Karena memang meskipun susu mempunyai manfaat dan khasiat yang baik, tetapi jika pengolahannya tidak bersih atau sembarangan, tetunya akan banyak khasiat susu yang hilang. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa manfaat susu untuk kesehatan tubuh.

1.      Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Susu mempunyai kandungan kalsium yang merupakan zat paling penting untuk kesehatan tulang. Kalsium tidak hanya baik untuk pertumbuhan pada usia anak anak, tetapi juga pada orang dewasa, khususnya lanjut usia karena dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah terjadinya resiko osteoporosis. Hal inilah yang perlu diperhatikan oleh konsumen saat membeli susu, pilihlah susu dengan tambahan vitamin D di dalam kandungan susu tersebut untuk membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh. Kalsium ini juga membantu menjaga gigi tumbuh dengan sehat dan mencegah gigi berlubang.

2.      Membantu pembentukan otot

Kandungan protein di dalam susu dapat membantu proses pembentukan otot. Protein whey dan kasein merupakan jenis protein yang terdapat di dalam susu. Protein whey sangat mudah dicerna dan dapat dipecah menjadi asam amino yang mudah diserap di dalam darah. Maka dari itu, konsumsi susu secara teratur akan membuat tubuh anda menjadi lebih bugar dan tampak lebih besar.

3.      Mengurangi stress

Segelas susu hangat akan membantu anda mengurangi stress dan juga menenangkan kinerja saraf. Selain itu susu juga dapat meningkatkan energi dan mengurangi gejala PMS pada wanita. Konsumsi secara teratur juga sangat bagus, khususnya untuk wanita yang lagi masa haid atau masa setelah melahirkan.

4.      Menurunkan berat badan

Selain lezat susu juga cemilan yang sehat. Minum segelas susu rendah lemak dapat membantu menurunkan berat badan dengan lebih mudah. Cara ini efektif untuk membantu dalam proses penurunan berat badan Anda. Tambahkan segelas susu untuk makan malam atau minum susu dicampur dengan buah-buahan.

5.      Sebagai pembersih

Susu mempunyai kemampuan unik selain sangat berguna untuk tubuh. Yaitu menghilangkan kotoran dan minyak dengan bantuan dari enzim lupase yang larut di dalam lemak. Selain itu asam laktat yang terkandung di dalam susu juga membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit anda akan menjadi lebih halus dan juga lebih bercahaya. Cara untuk membersihkan kotoran menggunakan susu yaitu dengan mengambil kapas kemudian celupkan ke dalam susu, lalu gunakan untuk menyeka wajah anda. Biarkan selama 5 menit kemudian cuci menggunakan air dingin.

Beberapa manfaat dan khasiat susu di atas hanyalah sebagian dari manfaat atau khasiat susu seluruhnya, akan dijelaskan lain waktu di artikel yang berbeda. Setelah anda mengetahui jenis susu dan juga beberapa khasitasnya, tentu anda sudah bisa menentukan manakan jenis susu yang tepat untuk di produksi. Dengan adanya kemajuan teknologi sekarang ini, tersedia mesin mesin untuk produksi beberapa jenis susu, yang akan membuat kualitas dari susu anda akan meningkat dan tentu dapat bersaing di pasaran. Tetapi untuk menggunakan mesin dalam pengolahan susu tidak boleh sembarangan, dikarenakan produk susu sendiri harus dijaga kebersihannya karena jika tidak, akan merusak kandungan dari susu tersebut.Toko mesin solusindo mempunyai beberapa jenis mesin yang cocok untuk pengolahan susu, dari susu hasil ternak hewan ataupun susu dari olahan biji bijian. Seperti mesin pasteurisasi, mesin burr mill, mesin evaporator vacuum, pengayak biji kedelai dan beberapa mesin lainnya untuk pendukung produksi susu. Beberapa mesin tersebut adalah mesin lokal dan juga mesin import, khusus untuk anda yang membutuhkan mesin untuk produksi susu dengan hasil yang maksimal. Mesin mesin kami sudah digunakan oleh beberapa pengusaha di berbagai daerah di Indonesia, untuk pengolahan susu yang dapat bersaing di pasaran. Sangat cocok untuk anda yang ingin memulai usaha di bidang komoditi susu ternak ataupun susu dari olahan biji bijian. Di bawah ini adalah beberapa mesin yang berkaitan di bidang pengolahan susu.

1.      Mesin Pasteurisasi Susu

Mesin pertama yang berkaitan dengan pengolahan susu ternak adalah mesin pasteurisasi susu. Mesin ini digunakan untuk pasteurisasi produk minuman dan juga produk cair, yang sangat cocok untuk pengolahan susu ternak. Selain untuk pengolahan susu, dapat juga digunakan untuk sirup, sari buah, dan produk minuman lainnya sebelum proses pengemasan. Fungsi dari mesin pasteurisasi susu sendiri adalah mensterilkan produk dari bakteri jahat yang dapat menyebabkan penyakit dengan cara perebusan dengan suhu yang tidak terlalu tinggi, sehingga tidak merusak kandungan dan khasiat dari produk yang diolah. Untuk pengolahan susu ternak sangat dianjurkan untuk menggunakan mesin pasteurisasi susu, dikarenakan produk susu setelah diambil dari hewan ternak tentunya tidak steril dan masih banyak bakteri yang tercampur, karena sesaat setelah susu di perah dari hewan ternak dan terkena udara luar, bakteri yang ada di udara pun dapat langsung tercampur ke dalam susu. Dengan menggunakan mesin ini, akan merebus dalam suhu tertentu, sehingga bakteri bakteri tersebut akan mati, dan susu pun berada dalam kondisi steril. Proses pengoperasian mudah, anda hanya tinggal memasukkan produk berupa susu, atau produk minuman lainnya, dan mesin pun dapat dinyalakan untuk proses perebusan. Prinsip kerja dari mesin pasteurisasi susu sendiri adalah mengaduk bahan dan juga pemanasan atau perebusan dengan suhu yang terkontrol. Daya listrik sesuai dengan kebutuhan, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk biaya produksi, karena untuk hasil perebusan juga maksimal, membuat produk susu anda berkualitas. Mesin ini dianggap wajib untuk dimiliki para pengusaha susu hewan ternak dan juga pengusaha minuman, atau khusus untuk anda yang membutuhkan referensi untuk peluang usaha baru. Di bawah ini adalah gambar mesin dan juga spesifikasi mesin secara sederhana mengenai mesin pasteurisasi susu.

mesin-pasteurisasi-susu-kedelai

Mesin ini adalah mesin lokal dengan mutu dan kualitas mesin yang sudah terjamin, sudah digunakan oleh beberapa pengusaha susu dan juga produk minuman lainnya di beberapa daerah di Indonesia. Body dari mesin pasteurisasi terbuat dari stainless steel dari bagian atas sampai ke bawah mesin, untuk menjaga keawetan mesin dan juga akan aman untuk produk minuman seperti pengolahan susu hasil ternak ataupun produk minuman lainnya. Dengan fitur pengaturan suhu menggunakan thermocontrol analog, sehingga akan dapat melihat suhu mesin saat dijalankan, dan burner atau pemanas mesin tidak akan melebihi suhu yang sudah diatur dari awal. Menggunakan dua daya, yaitu listrik dan juga burner. Untuk fungsi listrik adalah untuk fitur pengaturan suhu dan juga proses pengadukan merata dari produk susu atau produk minuman. Untuk burner berfungsi untuk proses perebusan. Mesin pasteurisasi juga dilengkapi dengan cover penutup serta roda sehingga mesin mudah dipindah dan lebih fleksibel untuk pengolahan bahan baku anda. Mesin yang sangat cocok untuk pengolahan susu sapi, susu kambing, susu domba dan beberapa jenis susu lainnya, yang dapat merebus dengan suhu yang ditentukan sehingga produk susu anda terbebas dari bakteri jahat. Setelah proses Mesin pasteurisasi , susu ataupun produk minuman dapat dengan mudah diambil untuk kemudian langsung dikemas atau ke tahap pengolahan selanjutnya. Tersedia dalam beberapa kapasitas produksi, Penampungan bahan yang besar untuk pengolahan dalam jumlah yang besar pula sehingga akan menyesuaikan dengan kebutuhan usaha anda, tergantung dari skala kecil atau skala home industri sampai dengan skala menengah.

2.      Mesin Evaporator Vacuum atau Mesin Ekstrak Produk Cair

Untuk mesin pengolahan susu selanjutnya adalah mesin evaporator vacuum atau sering disebut dengan mesin evap yang berfungsi untuk mengurangi kadar air bahan, yang sangat cocok untuk memproduksi serbuk yang berasal dari bahan cair. Sangat cocok digunakan untuk produksi susu bubuk, ataupun serbuk minuman segar lainnya seperti minuman rasa buah, ataupun minuman serbuk dari sayur. Mesin lokal dengan kualitas mesin yang tidak diragukan lagi karena sudah digunakan oleh beberapa pengusaha susu bubuk di beberapa daerah di Indonesia. Mesin evaporator vakum adalah mesin yang biasa dipakai untuk proses mengurangi kadar air suatu bahan dari bentuk cair. Prinsip kerja dari mesin ini adalah tanpa pemanasan langsung, melainkan dengan proses vakum. Kegunaan dari vakum sendiri jika digunakan di suhu rendah akan menjaga nutrisi atau kandungan dari produk sehingga tidak akan rusak atau bahkan hilang. Dengan sistem body double jacket sehingga proses panas atau pengurangan kadar air tidak berhubungan langsung dengan produk, melainkan dengan perantara air. Mesin evaporator vacuum sangat cocok digunakan untuk pengolahan produk minyak, susu ternak, madu, minuman buah, minuman sayur, dan produk cair lainnya yang dengan tujuan untuk mengurangi kadar air nya. Proses atau waktu yang dibutuhkan untuk mengurangi kadar air beragam, dikarenakan tiap bahan baku yang diolah mempunyai kadar air yang berbeda. Tetapi untuk rata rata proses mesin dalam hal ekstrak atau mengurangi kadar air sekitar 4 sampai dengan 6 jam kerja. Sangat cocok untuk anda yang ingin membuat serbuk minuman atau susu bubuk, karena proses mesin yang sangat mudah dengan hasil yang maksimal. Susu bubuk atau serbuk minuman ini dapat langsung dikemas setelah proses evaporator selesai, dan tentu dapat bersaing di pasaran untuk produk yang anda olah dengan menggunakan mesin evaporator vacuum kami. Di bawah ini adalah spesifikasi sederhana dari mesin dan juga gambar mesin evaporator vakum.

mesin-evaporator-vacuum-alat-ekstrak-serbuk

Mesin ekstrak produk cair adalah produk lokal yang dibuat bengkel pribadi Toko mesin solusindo yang sudah digunakan oleh beberapa pengusaha susu dan madu di beberapa daerah di Indonesia. Dengan body mesin seluruhnya dari stainless steel akan menjaga kebersihan dari produk yang diolah. Tersedia panel listrik untuk memudahkan anda dalam proses pengoperasian mesinnya. Dengan menggunakan penggerak dinamo listrik yang dipadu dengan transmisi gear box untuk proses pengadukan merata di dalam penampungan bahan, sehingga proses ekstrak produk anda akan merata dan akan menjangkau ke seluruh bagian dari bahan baku. Sistem vakum akan mempercepat proses pengekstrakan produk, dan juga sirkulasi udara saat proses pengekstrakan akan teratur.  Dengan fitur kontrol suhu yang akan mengatur suhu dari burner saat proses ekstrak dijalankan, sehingga tidak akan melebihi suhu yang sudah diatur atau di setting dari awal. Fitur lainnya untuk memudahkan proses produksi seperti roda di bawah mesin agar dapat memindah mesin sesuai dengan kebutuhan, lalu terdapat kaca untuk mengawasi produk saat proses ekstrak dilakukan. Serta terdapat drainase untuk memudahkan anda dalam mengambil hasil produk yang diolah di dalam mesin ekstrak produk cair ini. Tersedia dalam beberapa kapasitas produksi, yang cocok untuk menjadi referensi usaha baru anda atau untuk menunjang usaha pengolahan susu bubuk yang sudah anda jalankan. Hasil dari pengekstrakan yang maksimal menjadi kelebihan dari mesin ini, dan wajib untuk anda yang ingin memulai usaha di bidang produksi serbuk minuman atau serbuk susu.

3.      Mesin Burr Mill atau Mesin Susu Kacang Kedelai

Mesin selanjutnya adalah salah satu pengolahan susu dari bahan baku biji bijian yaitu kacang kedelai. Disebut dengan mesin burr mill dengan fungsi khusus untuk menggiling biji kacang kedelai yang akan diambil sari nya untuk produksi susu dari kacang kedelai. Kita ketahui bahwa kandungan atau khasiat dari kacang kedelai sangatlah banyak dan bagus untuk tubuh, mulai dari protein sampai dengan vitamin yang terkandung pada biji kedelai. Apalagi sangat cocok untuk konsumen susu yang mempunyai alergi susu hewani seperti susu sapi ataupun susu kambing, dan anda dapat mengkonsumsi susu yang terbuat dari kacang kedelai ini. Dengan mesin burr mill kami, anda dapat membuat susu kedelai di rumah ataupun dapat menjadikan peluang usaha baru untuk proses produksi susu kacang kedelai karena banyaknya orang yang juga menyukai susu kedelai. Permintaan pasar pun mengenai susu kedelai sudah dalam relatif tinggi, tetapi untuk produsen dari susu kedelai sendiri masih sedikit. Dengan bantuan mesin burr mill ini tentu anda dapat memrpduksi susu kedelai dengan kualitas bagus, yang dapat bersaing di pasaran. Dengan beberapa fitur yang akan membuat anda tertarik untuk menggunakan mesin burr mill ini, seperti pemisahan antara hasil dari penggilingan kacang kedelai berupa sari kedelai, dengan ampas dari biji kedelainya. Sehingga anda dapat langsung mengemas hasil sari kacang kedelai tersebut, dan juga ampas dari kacang kedelai dapat anda gunakan untuk pengolahan bahan baku lainnya. Untuk proses mesin yang lebih maksimal, untuk biji kedelai sendiri sebelum di proses sebaiknya di rebus terlebih dahulu, agar tekstur dari kacang kedelai lebih mudah untuk diambil sari nya. Karena jika dalam kondisi kering, maka biji kacang kedelai akan mudah pecah. Di bawah ini adalah gambar mesin dan juga keterangan sederhana mengenai mesin burr mill.

mesin-sari-kacang-kedelai

Mesin susu kacang kedelai adalah mesin yang sangat cocok untuk produksi susu sari kedelai dengan kapasitas produksi skala home industri. Dengan sistem mesin berjalan secara kontinyu atau berkala, akan mempercepat proses produksi susu kedelai anda. Terdapat beberapa tipe untuk mesin susu kacang kedelai ini, ada yang body mesin terbuat dari stainless steel dan ada juga tipe mesin yang terbuat dari alumunium. Dengan fungsi sama, hanya berbeda di bahan body mesinnya saja. Putaran proses penggilingan kacang kedelai mencapai 2800 rpm atau 2800 putaran per menit nya, sehingga akan mempercepat proses produksi anda. Operator mesin hanya tinggal memasukkan bahan ke dalam mesin, yaitu kacang kedelai yang sudah direbus dan juga struktur dari kacang kedelai akan lebih lembut, lalu sari kedelai pun dapat langsung anda tampung dan dapat langsung anda kemas atau untuk proses produksi selanjutnya. Proses filter atau ukuran mess dari proses penggilingan sari kedelai yaitu 100 sehingga akan memaksimalkan dalam mengolah sari biji kedelai. Untuk daya listrik rendah, sehingga anda tidak perlu bingung untuk biaya produksi dengan menggunakan mesin kedelai ini. Diameter blender putar 10 cm, akan menggiling biji kacang kedelai dengan cepat. Untuk mesin susu kacang kedelai kami ada beberapa tipe untuk dilihat dari kapasitas produksi yang dapat dilakukan, yaitu mesin pembuat susu kacang kedelai dengan sistem full otomatis untuk skala menengah ataupun skala besar, atau mesin produksi susu kedelai mini khusus untuk produksi skala rumahan atau home industri. Fungsi mesin sama, hanya berbeda di kapasitas produksinya saja, menyesuaikan dengan kebutuhan usaha produksi susu kedelai anda.

Beberapa mesin diatas merupakan mesin yang sangat cocok untuk pengolahan susu baik itu merupakan susu hasil ternak ataupun susu yang terbuat dari biji bijian. Mesin pasteurisasi susu, mesin evaporator vacuum, dan juga mesin burr mill atau mesin susu kacang kedelai adalah beberapa mesin dari Toko mesin solusindo yang sudah digunakan banyak pengusaha susu di berbagai daerah di Indonesia, yang sudah terjamin mutu dan juga kualitas mesinnya. Garansi mesin serta perlengkapan mesin tersedia setiap pembelian mesin. Sebelum mesin dikirim ke tempat anda, mesin sudah melalui proses trial mesin atau percobaan mesin menggunakan bahan sesuai dengan fungsi mesinnya, sehingga saat mesin sudah sampai ke tempat anda, dapat langsung anda gunakan dengan fungsi maksimal untuk proses produksi bahan baku anda. Jangan lupa untuk anda yang ingin memulai bisnis di bidang produksi susu hasil ternak ataupun susu hasil dari olah biji bijian untuk memperhatikan dari jenis susu yang akan anda olah, karena akan menentukan juga bagaimana proses anda untuk mengolah susu tersebut agar lebih maksimal dalam proses pengolahannya. Setelah anda menentukan jenis susu yang akan anda olah, langkah selanjutnya adalah memilih mesin yang tepat untuk menunjang usaha anda. Karena untuk proses pengolahan manual akan lebih lama dan juga lebih beresiko untuk kualitas produk yang anda punya. Setelah mempunyai mesin yang cocok dan juga anda sudah memulai produksi, langkah selanjutnya adalah memilih segmen pasar yang benar benar membutuhkan produk yang anda jual, sehingga anda mempunyai tujuan untuk memasarkan produk susu anda.

Demikian penjabaran serta penjelasan dari kami mengenai Cara Mengolah Susu Untuk Usaha Kecil Menengah. Dimulai dari pembahasan mengenai pengertian susu susuan dengan sederhana, dan juga mengapa susu sangat diminati oleh masyarakat dan melihat peluang berdasarkan minat produksi dan penjualan susu di masyarakat. Pembahasan akhir sedikit membahas tentang mesin mesin yang berhubugan dengan lancarnya pengolahan susu susuan untuk dijadikan peluang usaha baru dengan cara praktis, begitu pula dengan mesin mesin pendukung lain untuk melancarkan proses pengolahan susu. Berbagi ilmu dan juga peluang bisnis tentunya menjadi tugas kami untuk membuka referensi anda mengenai peluang usaha yang dapat anda tekuni, terutama di bahasan ini dalam bidang produksi untuk olah susu, dengan bentuk pupuk granul atau pupuk dengan bentuk biji kecil. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat memberikan manfaat serta motivasi bagi anda dalam memulai suatu usaha UKM maupun untuk mengembangkan usaha anda dalam bidang produksi di berbagai bidang tersebut. Apabila anda masih memiliki pertanyaan seputar mesin-mesin yang akan anda butuhkan, jangan segan – segan untuk menghubungi kami dan berkonsultasi dengan kami karena kami akan selalu siap membantu anda demi kesuksesan usaha anda. Didalam setiap perkembangan teknologi yang kami berikan, kami selalu bekerja secara professional, kreatif, inovatif dan selalu mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar dapat berkarya secara maksimal dan lebih mencintai produk – produk Indonesia demi kesejahteraan masyarakat dengan ber wirausaha. Jangan takut untuk memulai usaha dengan kami sebagai mitra bisnis anda, karena kami akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk mesin-mesin yang anda butuhkan.

Toko Mesin Solusindo adalah salah satu perusahaan yang berlokasi di Malang Jawa Timur yang bergerak di bidang produksi mesin dan supplier mesin dengan berbagai macam kebutuhan mesin anda mulai dari mesin pendingin seperti mesin pembuat es tube, mesin cetak es balok, ruangan pendingin atau biasa disebut cold room maupun cold storage, ada juga mesin pengolahan makanan seperti mesin pembuat abon ikan dan daging, mesin pembuat keripik buah atau vaccum frying, mesin pembuat bawang goreng, mesin pembuat dodol atau jenang dll. Toko mesin solusindo juga menyediakan mesin pertanian, mesin teknologi tepat guna, mesin pengemas mesin pengolahan makanan dan juga minuman, mesin buatan lokal untuk beberapa kebutuhan produksi, mesin import untuk mesin mesin khusus makanan, minuman dan mesin pendingin, serta masih banyak lagi mesin – mesin yang lainnya yang bisa kami sediakan untuk menunjang kesuksesan usaha yang anda mulai. Kami menyediakan berbagai macam mesin untuk kebutuhan usaha anda mulai dari usaha skala home industri, usaha kecil dan menengah, maupun skala industri. Toko mesin solusindo akan selalu siap membantu anda dalam memulai suatu usaha atau dalam pengembangan usaha anda dengan menyediakan berbagai macam mesin untuk menunjang usaha dengan berbagai macam kapasitas mesin yang dibutuhkan dan dapat disesuaikan dengan permintaan anda atau mesin custom, serta dapat disesuaikan dengan dana atau modal awal anda. Untuk keterangan mesin mesin industry yang lebih lengkap, dengan spesialis mesin pengolahan es batu seperti mesin ice flake, mesin ice scaler, mesin ice tube, mesin ice cube, dan juga masih banyak jenis mesin es lainnya dapat anda kunjungi di website utama kami di www.tokomesinsolusindo.co.id

Hal-hal yang melatar belakangi berdirinya Toko Mesin Solusindo adalah karena mengingat kebutuhan konsumen akan mesin teknologi tepat guna belakangan ini sangat diperlukan bagi semua pelaku usaha, mulai dari usaha perorangan, usaha home industry, maupun usaha kecil dan menengah atau UKM. Kami juga turut berpartisipasi dalam mendukung program pembangunan pemerintah dalam bidang sumber daya manusia yang mandiri, kreatif dan produktif dalam ber wirausaha. Kami juga akan terus mendukung program bantuan pemerintah dalam bidang tersebut agar tercipta masyarakat yang mandiri dan sejahtera, dan kami pun akan selalu meningkatkan inovasi serta kreatifitas kami demi terpenuhi nya kebutuhan – kebutuhan akan alat maupun mesin untuk menunjang kinerja produktifitas para masyarakat pelaku usaha. Dengan selalu memprioritaskan pada kesejahteraan masyarakat, kami pun mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia untuk selalu memberikan inovasi yang terbaik demi terciptanya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dengan ber wirausaha.

Anda kebingungan untuk mencari mesin apa yang cocok untuk memulai usaha anda? Kami mempunyai business consultant yang selalu siap untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan memberikan anda saran untuk mesin apakah yang cocok untuk kebutuhan usaha anda. Anda tidak perlu bingung untuk mencari mesin yang tepat, tetapi kamilah yang selalu siap untuk memandu anda dalam menentukan mesin yang anda butuhkan dengan hasil yang efektif. 

Anda kebingungan untuk mengoperasikan mesin yang sudah anda beli? Kami siap untuk mengirim teknisi kami ke tempat anda untuk menjelaskan tata cara penggunaan mesin sampai dengan tata cara untuk merawat mesin agar awet dan juga bekerja secara maksimal. Mulai daerah sabang sampai merauke, teknisi akan siap kami luncurkan untuk support mesin anda dari awal penggunaan sampai dengan hasil mesin sesuai fungsinya. Kami siap untuk menjadi konsultan bisnis anda dalam menentukan mesin apakah yang cocok untuk usaha baru yang akan anda geluti, dan juga alat pendukung apa yang dapat kami buatkan untuk mensukseskan usaha anda. Hotline service kami akan selalu siap sedia untuk anda jika ada kebutuhan yang ditujukan untuk mesin yang anda gunakan, atau untuk kebutuhan usaha anda yang baru, atau untuk menambah mesin untuk ekspansi usaha anda.

VISI
Menjadi perusahaan yang dapat dipercaya dan terkemuka dalam mengembangkan inovasi mesin teknologi tepat guna demi terciptanya sumber daya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dalam ber wirausaha.

MISI
Selalu mengembangkan inovasi dan kreatifitas serta profesionalisme kerja dalam menciptakan dan mendesign mesin teknologi tepat guna demi meningkatkan produktifitas dan kesuksesan usaha masyarakat dalam ber wirausaha mandiri.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai spesifikasi mesin dan harga mesin untuk segala kebutuhan mesin anda dengan penawaran harga terbaik silahkan menghubungi hotline service kami. Atau isikan dalam kolom komentar website kami untuk menginfokan mesin apa yang anda butuhkan beserta dengan kapasitasnya, kami akan mengirimkan lewat email kebutuhan yang anda butuhkan. Kami menyediakan mesin lokal dan juga mesin import dengan kualitas mesin terjamin dan harga mesin yang sesuai dengan budget anda. Mesin bergaransi dan juga tersedia spare part atau beberapa bagian mesin khusus yang dapat diganti. 90% mesin lokal kami dibuat dari body mesin stainless steel untuk menjaga keawetan dari mesin, ekfektifitas produksi, dan juga kemanan untuk pengolahan makanan dan minuman.

Salam Sukses
TOKO MESIN SOLUSINDO

We Serve:

Mesin Ice Maker, Cold Room, Freezer, Chiller, Mesin Pengolahan Daging, Mesin Pengolahan Ikan, Mesin Industrial, Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Pengolahan Minuman, Mesin Pengolahan Roti, Perlengkapan Restoran & Hotel, Mesin Destilasi, Mesin Pengolahan Minyak Kelapa (VCO), Mesin Pengolahan Kompos, Mesin Pakan Ternak, Diesel, Mesin Cetak Batako, Mesin Cetak Paving, Mesin Cetak Bata Merah, Pompa Air, Mesin Cetak Bakso, Mesin Bor Tanah, Mesin Pengolahan Padi, Mesin Pengolahan Kopi, Mesin Pengering, Mesin Pengemas, Etc. (Menerima Pengerjaan Tender Diseluruh Indonesia).


Posting Komentar

0 Komentar