CARA MEMANFAATKAN HASIL PANEN PERTANIAN UNTUK MERAUP KEUNTUNGAN MAKSIMAL



        PELUANG BISNIS UKM PENGOLAHAN HASIL PANEN PERTANIAN

hasil-panen-pertanian

        Pertanian merupakan bidang yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Dikarenakan hasil dari pertanian yang merupakan bahan pangan dan juga untuk kebutuhan sehari hari, akan selalu dibutuhkan oleh semua kalangan dan dimanapun manusia berada. Secara umum, pengertian dari pertanian sendiri adalah kegiatan manusia yang meliputi pertanian tanaman pangan, perkebunan, kehutanan, holtikultura, peternakan dan juga perikanan. Untuk sector sector tersebut memiliki arti yang sangat penting dalam menentukan perkembangan ekonomi negara dan juga social masyarakat di berbagai wilayah di negara Indonesia. Selain sumber mata pencaharian, pertanian juga dapat membuka lapangan kerja yang begitu banyak, sehingga akan sangat memajukan ekonomi untuk bangsa. Hasil dari pertanian sendiri dapat digunakan untuk peluang usaha baru, karena hasil dari pertanian pun sangatlah beragam. Dapat diolah menjadi produk baru, ataupun hasil panen pertanian tersebut langsung di jual di pasaran pun bisa. Jika dilihat dari hal tersebut, akan sangat banyak kemungkinan yang dapat dibuat untuk pengolahan dari hasil pertanian. Untuk anda yang bingung untuk memulai usaha atau bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) , dapat anda jadikan referensi untuk pengolahan hasil pertanian dengan memanfaatkan lahan yang anda miliki, lalu menganalisa bisnis apakah yang akan anda ambil. Bentuk bentuk pertanian di Indonesia sendiri sangatlah beragam. Tidak hanya satu jenis saja melainkan ada beberapa jenis. Dengan hal tersebut akan lebih memperkaya inovasi dari para pengusaha yang ingin mengolah hasil dari pertaniannya. Karena hasil pertanian juga berbeda beda jika dilihat dari bentuk pertanian yang dijalankan. Oleh karena itu sebelum membahas mengenai bagaimana memulai bisnis di bidang olah hasil pertanian, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai bentuk bentuk pertanian yang ada di Indonesia. Dibawah ini akan dijelaskan secara singkat mengenai hal tersebut.

1. Pertanian dengan bentuk sawah

Sawah adalah suatu bentuk pertanian yang dilakukan di lahan yang basah dan memerlukan banyak air baik sawah irigasi, sawah lebak, sawah tadah hujan dan juga sawah pasang surut. Pada masa sekarang hampir punah karena lahan sawah semakin tahun semakin sedikit karena digunakan untuk lahan yang habis untuk dibuat perumahan. Untuk salah satu contoh yang paling sering digunakan untuk pertanian dengan bentuk sawah adalah penanaman padi. Padi sangat cocok ditanam di lahan yang basah dan tentu membutuhkan banyak air untuk penanamannya. Selain diharuskan di sawah, juga karena membutuhkan lahan yang besar pula. Tetapi untuk padi sendiri termasuk musiman, sehingga tidak setiap waktu dapat dipanen. Sangat cocok ditanam di waktu cuaca hujan karena memang membutuhkan air yang banyak agar kualitas dari padi sendiri bagus. Meski masih banyak akan anda temui di daerah pedesaan, tetapi semakin bertambahnya tahun dan juga bertambahnya jumlah penduduk, akan menggeser lahan dari sawah sedikit demi sedikit, maka dari itu untuk jangka waktu puluhan tahun lagi, bisa jadi pertanian dengan bentuk sawah ini akan benar benar habis. 

2. Pertanian dengan bentuk tegalan

Tegalan adalah suatu daerah dengan lahan kering yang bergantung pada pengairan air saat hujan, untuk ditanami tanaman musiman atau tahunan dan terpisah dari lingkungan dalam sekitar rumah. Lahan dari tegalan tanahnya sulit untuk dibuat pengairan irigasi karena permukannya yang tidak rata. Pada musim kemarau, lahan tegalan akan kering dan sulit untuk ditubugi tanaman pertanian. Untuk tanaman yang sering di tanam di pertanian bentuk tegalan ini seperti tanaman palawija. Meski tidak menggunakan sistem irigasi, tetapi tanaman tersebut bergantung pada hujan. Untuk tegalan sendiri lebih sering ditemui di daerah pedesaan. Bisa juga dikategorikan perkebunan pribadi, ada juga yang digunakan untuk penanaman buah buahan dan akan di panen untuk di jual. Masih jarang ditemui di daerah perkotaan untuk orang yang mempunyai tegalan, karena juga keterbatasan tempat.

3. Pertanian dengan bentuk pekarangan

Pekarangan adalah suatu lahan yang berada di lingkungan dalam rumah, dengan umumnya di pagari dan masuk ke wilayah rumah yang di manfaatkan untuk ditanami tanaman pertanian atau buah buahan. Sedikit beda dengan tegalan, dilihat dari luasnya tempat. Tegalan akan terlihat lebih besar dari pekarangan. Dan pekarangan masih banyak anda temui di perkotaan. Meski tidak banyak orang yang mempunyai pekarangan, tapi untuk pertanian bentuk ini lebih sering digunakan untuk menanam buah buahan, bisa untuk konsumsi pribadi ataupun dijual di pasaran. Buah buahan yang ditanam juga beragam, dan ditanam tanpa menggunakan irigasi ataupun membutuhkan curah hujan, melainkan dengan rutin dirawat dengan cara disiram ataupun di beri pupuk secara berkala. 

            Dilihat dari bentuk bentuk pertanian tersebut, sudah dapat dijadikan referensi untuk anda dalam memulai bisnis, bagaimana memaksimalkan hasil dari pertanian yang ada untuk membuat produk baru, ataupun membuka lapangan pekerjaan untuk memaksimalkan hasil dari panen pertanian yang ada. Dari hasil pertanian atau perkebunan sendiri dapat juga dibedakan dari bentuk pertanian yang digunakan. Sebagai contoh anda akan jarang menemui tanaman buah buahan yang ditanam pada sawah karena memang tidak sesuai. Buah buahan akan lebih sering ditanami di daerah pekarangan atau di tegalan. Begitu pula berlaku sebaliknya. Meski tidak semua bentuk tanaman yang termasuk pertanian atau perkebunan dapat dikategorikan dalam hal tersebut, tetapi dengan mudah orang pun dapat mengetahui tanaman yang akan ditanam lebih cocok di lahan yang mana. Hasil dari pertanian sendiri yang sering digunakan oleh banyak orang untuk diolah ke tahap lanjut seperti padi, yang akan diolah ke gabah lalu beras, bawang yang merupakan hasil pertanian, dapat dijual langsung ataupun diolah untuk produk baru lalu buncis yang termasuk dari kacang kacangan yang juga dapat dijual langsung atau untuk penyedap menu makanan, Cokelat yang termasuk buah, yang di budidaya kan dan juga tidak sedikit pengusaha coklat yang tidak hanya diolah menjadi produk makanan, tetapi juga sebagai bahan minuman. Dari keberagaman hal tersebut maka akan sangat bagus untuk meneliti bagaimanakah memulai usaha dengan memanfaatkan hasil pertanian yang ada. Tentu jika disebutkan secara satu persatu akan sangat banyak sekali yang dapat dikategorikan menjadi hasil panen pertanian atau perkebunan. Maka dari itu anda tidak perlu ragu lagi untuk memulai usaha di bidang pengolahan hasil pertanian, dikarenakan peluang usaha dari hal ini sangatlah tak terbatas. Anda dapat ber inovasi dan tidak akan kalah saing dengan pasaran yang ada.

            Untuk beberapa contoh, hasil pertanian apakah yang sangat digemari oleh pengusaha baru yang akan sangat cocok dijadikan komoditi usaha, dengan menimbang kemungkinan nilai jual yang tinggi? Jawabannya adalah tergantung dari tempat tinggal anda dan juga lingkungan anda. Salah satu factor dari hal tersebut karena selain dari ruang lingkup pasar yang akan anda terjuni, tetapi anda juga harus memperhatikan, apakah daerah yang akan anda gunakan untuk usaha dapat ditanami untuk tanaman yang akan anda gunakan. Awal langkah adalah menentukan komoditi usaha yang pas juga ditanam sehingga memungkinkan untuk perhitungan keuntungan skala panjang, karena jika anda sudah cocok dengan tanaman yang anda tanam dan dapat tumbuh subur di daerah anda, maka anda tidak akan sulit untuk mencari ruang lingkup pasar yang akan anda tempuh untuk penjualan produk anda. Untuk dari segi pengolahan hasil pertanian sendiri peluang akan terus menerus ada apalagi pada zaman teknologi ini yang tentunya sudah ada alat alat ataupun mesin canggih yang akan menunjang dan juga dapat menemukan inspirasi peluang usaha yang akan kita kerjakan. Seiring juga berjalannya waktu dan juga makin canggih teknologi khususnya di bidang pertanian, tentu akan lebih memudahkan anda dalam bisnis di bidang hasil pengolahan pertanian. Apalagi jika tentu kita ketahui, hasil pertanian adalah kebutuhan primer dan sangat wajib untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Keadaan inilah yang sebenarnya harus dipantau dan dimanfaatkan oleh orang orang yang mampu dan mau untuk mengelola hasil pertanian secara jitu. Jika dilihat lagi negara kita adalah negara agraris, dan potensi bisnis pertanian masih akan terbuka lebar untuk masyarakat. Meski lahan pertanian semakin lama semakin menyempit, tetapi tidak akan terlambat jika mulai sekarang anda memulai bisnis tersebut, asal anda harus tekun dan juga mempunyai ide kreatif untuk menunjang hal tersebut. Tidak menutup kemungkinan juga untuk anda memulai sebuah usaha pertanian dengan modal kecil dan juga skala rumahan. Diawali dengan hal tersebut untuk perkembangan usaha anda nanti sehingga menjadi besar, semua juga tergantung dari modal anda. Tidak sedikit juga pelaku bisnis pertanian yang dahulunya harus di daerah pedesaan tetapi sekarang dapat dilakukan di perkotaan. Hal tersebut memungkinkan terjadi karena adanya kemajuan teknologi yang membuat semuanya menjadi mungkin. Peluang usaha pertanian apakah yang dapat dijalani dengan kreatifitas yang anda miliki? Dibawah ini adalah beberapa diantaranya.

1. Menanam sayuran organic

Sayuran organic adalah jenis sayuran yang ditanam secara hidroponik. Tidak hanya sayuran, melainkan buah buahan pun juga dapat ditanam pada metode hidroponik. Apalagi masyarakat sekarang ini membutuhkan pola hidup sehat dengan cara mengkonsumsi sayuran dan juga buah, tetapi produk yang ada lebih banyak terkandung pestisida dan juga kuman di dalamnya. Dengan kemajuan teknologi pun, menanam dengan cara hidroponik akan mengatasi hal hal tersebut.  Dengan kondisi ini kita sebagai pelaku bisnis harus bisa melihat pasar dengan sangat jelas. Untuk pemasaran jenis usaha ini bisa berbagai macam, dimulai dari skala kecil sampai dengan skala besar. Tidak membutuhkan lahan yang besar, dan dapat dikerjakan meski anda tinggal di daerah perkotaan inilah yang menjadi acuan untuk anda dalam memulai usaha ini. Karena sayuran ataupun buah buahan yang ditanam secara hidroponik juga tidak kalah saing jika dijual di pasaran. Malah beberapa kalangan masyarakat lebih aman untuk memilih tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik dibandingkan dengan tanaman umum seperti di sawah atau di pekarangan. Maka dari itu dapat menjadi kesempatan untuk peluang bisnis baru anda, mengenai memulai usaha dengan memanfaatkan hasil pertanian dengan cara menanam sayuran organik.

2. Menjual pupuk

Selanjutnya adalah menjual pupuk, yang tentunya bahan baku yang digunakan tidak jauh dari poin yang pertama. Apalagi jika kita teliti lagi, pupuk akan laku keras jika pasar anda adalah perkebunan. Dan tentu limbah dari perkebunan anda sendiri jika sudah dalam skala besar, tentunya dapat di daur ulang untuk dijadikan pupuk, yang dapat dijual di pasaran. Apalagi untuk konsumen yang membutuhkan pupuk, pasti akan membutuhkan dalam jumlah besar, dan tidak hanya satu sampai beberapa kilo saja, melainkan dalam jumlah ton. Bagaimana jika anda di daerah perkotaan? Pupuk juga akan laku keras jika anda menjual pupuk untuk tanaman hias karena dari segi harga akan jauh lebih mahal. Selain menjual pupuk, anda juga dapat mengolahnya menjadi peluang usaha utama anda, dengan pengolahan limbah usaha pertanian anda, atau anda fokus untuk membuat pupuk dengan bahan yang anda kelola sendiri. Bisnis pupuk adalah bisnis yang menguntungkan, karena selain jumlah pasar yang terus meningkat tiap tahunnya, juga jika anda kreatif dan mampu membaca peluang pasar, maka anda akan terus mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan apa yang anda miliki.

3. Produk pangan dari hasil pertanian

Hal ini sudah sangat umum dilakukan oleh banyak sekali pengusaha di seluruh daerah di Indonesia, tetapi bagaimanakah jika anda berinovasi untuk memproduksi produk makanan atau minuman yang masih tidak banyak orang memproduksinya, tentu saja dari hasil pertanian yang anda miliki. Contoh jika anda mempunyai kebun dengan hasil pertaniannya adalah daun bayam, dengan kreatifitas anda, anda dapat mengolahnya menjadi keripik bayam dan tentu tidak banyak juga orang yang memulai bisnis dengan menjual keripik bayam. Atau jika anda mempunyai hasil pertanian berupa melinjo, dapat juga diolah menjadi produk makanan yang disebut dengan emping. Atau jika anda mempunyai hasil pertanian berupa rempah rempah, maka dapat anda olah menjadi bumbu masakan yang tentu akan menjanjikan keuntungan yang tinggi karena termasuk dalam kebutuhan pokok manusia. Tidak akan mengurangi pelang anda untuk memulai bisnis di bidang ini, karena produk pangan yang dihasilkan dari hasil panen pertanian akan selalu ada ide kreatif dan inovasi yang dibuat oleh manusia. Segera anda temukan ide baru untuk mengolah produk hasil panen pertanian, dan tentunya jadikanlah anda orang pertama untuk memulai usaha dengan komoditi tersebut. 

Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, tentunya akan menunjang usaha anda yang bergerak di bidang pengolahan hasil pertanian. Alat alat dan juga mesin untuk mengolah bahan bahan dari hasil panen sudah sangat banyak beredar di pasaran, dan tentu juga menyesuaikan pula dengan mesin atau alat apa yang cocok untuk usaha yang akan anda mulai. Seperti contoh untuk anda yang dulunya menemui untuk memproduksi keripik buah diharuskan memakai tenaga manual untuk penggorengannya, dan juga dengan metode khusus agar menjaga keripik buah dan juga cita rasanya, sekarang ini sudah ada inovasi baru untuk mesin khusus membuat keripik buah renyah dengan rasa khas dari buah, bahkan tanpa ada tambahan pengawet apapun. Atau contoh lain dulunya anda membuat kerupuk dengan cara manual dan membutuhkan penjemuran yang akan memakan waktu lama, sekarang ada mesin khusus untuk mengganti proses sinar matahari. Tentunya dengan adanya kinerja mesin atau alat untuk mengolah hal tersebut, anda akan lebih hemat dalam hal waktu, tenaga, dan juga kualitas dari bahan yang dihasilkan akan meningkat drastis. Maka dari itu jangan takut untuk memulai usaha dari hasil panen pertanian yang anda miliki, karena mesin atau alat penunjang yang akan anda cari bisa saja kami miliki. Dibawah ini adalah beberapa contoh mesin mesin atau alat untuk mengolah hasil panen pertanian. Yang tentunya kami akan terus ber inovasi untuk lebih improve dalam memudahkan anda untuk proses berjalannya usaha anda. 

1. Mesin perajang bawang atau Mesin pengiris bawang

Mesin ini adalah salah satu pengolahan hasil panen pertanian yaitu bawang. Dengan sistem pengirisan bawang dengan cepat, sehingga akan membantu anda dalam proses pengirisan bawang dan hasil dari irisannya sama persis. Mesin perajang bawang ini akan sangat berguna untuk anda yang menjalani usaha di bidang yang berhubungan dengan proses pengirisan bawang seperti usaha kuliner, usaha bawang goreng, restoran, hotel, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan pengolahan bawang untuk proses pengirisan cepat. Dengan menggunakan mesin perajang bawang kami, anda akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti proses produksi dalam hal pengirisan bawang akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan kinerja manual, sangat mudah dalam mengiris bawang, lebih efisien waktu, biaya akan lebih murah, dan tentu untuk anda yang tidak tahan dengan mata pedih saat mengolah bawang tentunya akan lebih aman dengan menggunakan mesin perajang bawang. Untuk bahan baku sendiri yang sering digunakan adalah bawang merah. Untuk anda yang mempunyai usaha di bidang produksi bawang goreng atau pengolahan bawang lainnya, akan sangat membantu untuk menunjang usaha anda. Hasil pengirisan sama persis dan seukuran sehingga akan bagus untuk hasil dari bawang goreng anda. Dibawah ini akan dijelaskan secara sederhana mengenai spesifikasi mesin, dan juga gambar dari mesin.
alat-perajang-bawang-merah

Mesin pengiris bawang dengan proses cepat dan pisau dari baja khusus untuk mengiris dengan cepat dan juga praktis. Tersedia juga kapasitas produksi yang mini, khusus untuk anda yang membutuhkan mesin pengolahan bawang merah dengan skala rumahan atau home industry. Pisau 2 unit akan siap untuk mengiris dengan cepat, dan dapat mengolah 10 Kg sampai dengan 20 Kg per jam nya. Posisi disk horizontal dan menggunakan penggerak motor dynamo, sehingga perputaran dari pisau pun akan cepat. Selain hemat daya, proses pengolahan pun cepat. Akan sangat cocok untuk anda yang memulai usaha seperti bawang goreng atau membutuhkan pengirisan bawang merah dengan cepat, karena dengan menggunakan mesin pengiris bawang kami tentu akan menunjang usaha anda. Untuk anda yang ingin memulai usaha yang berkaitan dengan pengolahan bawang khususnya bawang merah, maka mesin ini adalah salah satu dari pengolahannya. Hasil irisan tipis dengan ukuran sama antara satu dengan yang lainnya, menjadi nilai lebih dari mesin pengiris bawang ini. Body mesin terbuat dari stainless steel sehingga awet dalam jangka waktu yang lama, juga untuk perawatan mesinnya sangat mdah. Tersedia juga untuk kapasitas mesin yang lebih besar, menyesuaikan dengan modal usaha anda dan juga kebutuhan produksi anda. Untuk spare part sendiri sangat mudah untuk dicari sehingga anda tidak perlu bingung jika mesin terdapat kendala di beberapa bagian mesinnya. Teknisi kami pun juga selalu siap siaga untuk melayani anda jika ada kendala pada mesin yang anda gunakan untuk produksi. 

2. Mesin press tebu atau Mesin sugar cane

Mesin selanjutnya adalah pengolahan hasil panen pertanian lainnya yaitu tebu. Meski tebu adalah salah satu hasil panen musiman karena hanya setiap enam bulan sekali, tetapi untuk usaha produk minuman tebu pun dapat dilakukan setiap saat. Peminat minuman sari tebu pun sangat banyak di berbagai kalangan dan dapat menjanjikan keuntungan. Mesin press tebu adalah salah satu mesin lokal yang sudah teruji mutu dan juga kualitasnya untuk mengolah dari batang tebu utuh, dan dengan proses menggiling untuk mendapatkan sari tebu murni yang siap langsung untuk dikonsumsi. Untuk hasil yang maksimal, tiap proses penggilingan batang tebu, dibutuhkan dua kali untuk penggilingan sehingga hasil dari perasan batang tebu akan sempurna. Sari tebu dingin akan lebih segar dan kaya manfaat tanpa ada tambahan apapun. Selain itu dengan cara yang praktis, anda pun sudah dapat menjalankan usaha produk minuman dan dengan bahan baku yang mudah untuk dicari. Usaha produk minuman sari tebu ini mulai banyak peminatnya karena memang menjanjikan keuntungan. Maka dari itu sangat cocok untuk memulai usaha baru berupa pengolahan batang tebu dan dihasilkan produk baru yaitu minuman sari tebu segar siap langung saji. Di bawah ini adalah gambar mesin dan juga keterangan sederhana mengenai spesifikasi mesin press tebu.
mesin-sari-tebu

Dapat disebut juga dengan mesin sugar cane yang berfungsi untuk menggiling batang tebu sehingga menghasilkan sari tebu murni, menggunakan penggerak yang akan menggiling dengan cepat. Dengan input yang pas untuk batang tebu, sehingga dapat memproses bahan baku dengan sangat cepat. Kapasitas produksi pun juga tersedia beberapa macam tipe, sehingga akan menyesuaikan juga untuk kebutuhan produksi anda. Penggerak mesin pun juga menyesuaikan dari kapasitas produksi yang dimiliki. Perlengkapan dari mesin pun sudah tersedia saat mesin akan dikirim sehingga anda dapat langsung memakai mesin yang anda butuhkan. Mesin sugar cane dengan frame dari mild steel sehingga akan kuat meski penggerak bergerak cepat dalam menggiling batang tebu. Mesin sangat mudah untuk pengoperasiannya, juga untuk perawatannya. Sehingga akan mempermudah usaha anda khususnya dalam pengolahan hasil panen pertanian berupa batang tebu. Dengan menggunakan mesin sugar cane anda akan mendapatkan sari tebu yang sangat jernih, manis, tanpa bahan pengawet apapun, dan tentu higienis. Dan tentunya akan lebih cepat dan lebih mudah jika dibandingkan dengan alat pemeras tebu tradisional. Untuk usaha skala kecil juga dapat digunakan seperti membuat es sari tebu. Anda hanya tinggal mencari bahan baku berupa batang tebu yang juga tidak terlalu sulit untuk mencarinya, karena petani tebu juga banyak di tiap daerahnya. Mencari mitra bisnis dalam stok batang tebu juga salah satu hal utama sebelum memulai usahanya. Selain tebu, dapat juga digunakan untuk bahan lain seperti jahe. Dengan menggunakan mesin tentunya tidak perlu ribet lagi untuk pengolahannya. Harga mesin pun lebih terjangkau untuk modal usaha awal anda.

3. Mesin penggiling biji kedelai atau mesin burr mill

Mesin selanjutnya untuk pengolahan hasil panen pertanian adalah pengolahan biji kedelai. Biji kedelai sangat banyak manfaatnya dan berbagai cara untuk pengolahannya. Dapat dijual langsung biji kedelainya untuk dijual ke pasaran, dapat diolah menjadi produk makanan seperti tahu ataupun tempe, dapat juga digunakan untuk produk minuman seperti sari kedelai murni. Dengan menggunakan mesin penggiling biji kedelai, anda dapat mengolah biji kedelai dengan cepat dan dengan cara yang praktis. Akan sangat cocok untuk anda yang membutuhkan mesin pengolahan untuk kacang kedelai atau biji kedelai, dan dijadikan produk baru berupa produk minuman yaitu susu kedelai murni. Proses pemerasan kedelai akan maksimal, dan dapat langsung mengolah dalam jumlah banyak per jam nya. Sistem mesin berjalan secara kontinyu atau berkala, tentunya akan lebih efisien untuk proses produksinya. Terdapat fitur untuk penyaringan limbah kedelai yang telah digiling, sehingga akan memisahkan dari hasil sari kedelai murni dan ampas dari kacang kedelai. Sangat cocok untuk anda yang membutuhkan referensi untuk usaha baru, dengan cara pengolahan kacang kedelai untuk dijadikan susu murni. Sudah banyak pengusaha susu kedelai di Indonesia yang menggunakan mesin penggiling biji kedelai ini sebagai penunjang usahanya. Mutu dan kualitas mesin pun sudah terjamin, serta hasil dari pengolahan mesin yang maksimal. Dibawah ini merupakan gambar dari mesin penggiling biji kedelai dan juga penjelasan sederhana mengenai mesin giling biji kedelai.
mesin-pengolah-susu-kedelai

Mesin ini merupakan mesin import untuk pengolahan biji kedelai. Dapat juga disebut dengan mesin burr mill atau mesin soy milk karena pengolahan khusus untuk biji kedelai, sehingga akan sangat cocok untuk pengolahan biji kedelai dan usaha susu kedelai anda. Untuk proses yang maksimal, biji kedelai yang akan di proses sebaiknya direbus terlebih dahulu, sehingga proses penggilingan akan lebih cepat, dan juga menghindari dari pecahnya biji kedelai jika strukturnya masih keras. Perebusan biji kedelai juga syarat utama untuk pengolahan susu kedelai, selain untuk melunakka struktur dari biji kedelai, juga sekaligus untuk membersihkan biji kedelai dari bakteri yang ada diluar. Biji kedelai yang dapat diproses juga banyak per prosesnya, sehingga akan siap sedia untuk anda yang membutuhkan proses produksi cepat. Selain diaplikasikan untuk biji kedelai, mesin ini juga dapat digunakan untuk produk beras. Body mesin terbuat dari stainless steel sehingga akan aman dan juga awet dalam jangka waktu yang lama. Daya listrik yang kecil sehingga akan lebih menghemat untuk biaya produksi anda. Dimensi mesin pun juga kecil sehingga praktis untuk dibawa kemanapun yang anda inginkan. Kami juga menyediakan mesin burr mill dengan kapasitas besar, yang akan menyesuaikan dengan kebutuhan usaha anda serta modal usaha anda. Proses setting mesin dan juga perawatan mesin akan dijelaskan oleh teknisi kami, sehingga anda tidak perlu bingung saat akan menggunakan mesin ini. Karena ada fitur penyaring atau filter, maka akan lebih memudahkan anda dalam memisahkan antara ampas produksi dan juga hasil produksi. Sehingga ampas produksi juga dapat diolah menjadi produk lainnya. Tersedia juga untuk kapasitas mini, yang sangat cocok untuk anda yang menginginkan usaha susu kedelai dengan skala rumahan atau home industry. Kami akan terus berinovasi untuk membuat mesin dengan hasil yang maksimal, khususnya untuk pengolahan hasil panen pertanian seperti biji kedelai.

Beberapa mesin diatas merupakan contoh dari mesin mesin yang kami produksi untuk menunjang usaha baru anda dalam mengolah hasil panen pertanian. Untuk lain waktu akan kami jelaskan untuk jenis mesin yang lain dengan pengolahan yang maksimal, yang tentu akan mengedepankan kesuksesan usaha anda dalam mengolah hasil panen pertanian anda. Seperti mesin pengolahan padi, mesin pengolahan rempah rempah, mesin pengupas sayur atau pengupas buah, dan masih banyak lagi variasi lainnya, yang akan menunjang usaha baru anda. Untuk bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) sendiri sangat beragam peluang yang dapat dimulai, maka dari itu segera tanyakan mesin apa yang anda inginkan dan anda butuhkan, kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menentukan mesin yang cocok untuk usaha anda. Kapasitas produksi tiap mesin yang disiapkan dari produksi skala usaha kecil sampai dengan kapasitas produksi skala besar, dan jugamenerima kapasitas khusus dengan skala yang sangat besar. Tidak perlu khawatir untuk garansi mesin, karena setiap pembelian mesin akan mendapatkan garansi mesin, lalu jika anda kebingungan untuk mengoperasikan mesin, teknisi kami akan siap ke tempat anda untuk melakukan trial mesin, dan juga akan memberikan tips tips untuk merawat mesin agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.  

Toko mesin solusindo menyediakan mesin mesin untuk pengolahan hasil tani dengan mesin lokal yang akan mengolah hasil tani anda dengan maksimal. Kami akan terus ber inovasi untuk mesin serbaguna yang digunakan untuk mengolah hasil tani untuk bidang peternakan, dan juga untuk produksi hasil tani yang akan di jual di pasaran. Sudah banyak yang menggunakan mesin pengolahan hasil tani kami untuk memajukan usaha, dan tentu mesin mesin yang kami kirim dan kami jual adalah mesin lokal yang sudah di uji untuk fungsi mesin dan juga mutu dari mesin kami. Anda dapat melakukan trial mesin pengolahan hasil tani di tempat kami dengan tanpa biaya, yang tentu akan memastikan apakah mesin kami benar benar maksimal untuk pengolahan hasil tani anda. Harga yang terjangkau juga akan menjadi referensi untuk anda yang membutuhkan mesin pengolahan hasil tani dengan harga yang sesuai dengan modal, yang tentu tetap dengan kualitas mesin yang bagus. Untuk lain waktu akan kami jelaskan lagi mengenai mesin pengolahan hasil tani lain yang kami produksi, dengan terus ber inovasi untuk memudahkan bisnis anda dalam pengolahan hasil tani. Kami menyediakan spare part untuk mesin mesin yang kami jual khususnya untuk mesin pengolahan hasil tani, dan tentu mesin yang kami jual semua bergaransi. Untuk spare part mesin pencuci hasil tani ini juga sangat mudah didapat karena semua bahan untuk pembuatan mesin pencuci hasil tani ataupun mesin pengeram hasil tani ini menggunakan bahan – bahan dalam negeri dan anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan suku cadang nya apabila terjadi penggantian spare part dikemudian hari. Jika anda mengalami kendala atau pun kesulitan untuk mengoperasikan mesin pengolahan hasil tani, tentu kami akan selalu siap untuk menangani masalah mesin anda.

Demikian penjabaran serta penjelasan dari kami mengenai Usaha pengolahan hasil tani untuk bisnis UKM dan meraup keuntungan maksimal. Dimulai dari pembahasan mengenai pengertian pengolahan hasil tani dengan sederhana, dan juga mengapa pengolahan hasil tani diminati oleh masyarakat dan melihat peluang berdasarkan minat produksi dan penjualan pengolahan hasil tani di masyarakat. Pembahasan akhir sedikit membahas tentang mesin mesin yang berhubugan dengan lancarnya pengolahan pengolahan hasil tani untuk dijadikan peluang usaha baru dengan cara praktis, begitu pula dengan mesin mesin pendukung lain untuk melancarkan proses produksi pengolahan hasil tani. Berbagi ilmu dan juga peluang bisnis tentunya menjadi tugas kami untuk membuka referensi anda mengenai peluang usaha yang dapat anda tekuni, terutama di bahasan ini dalam bidang produksi hasil tani organik, dengan bentuk hasil tani granul atau hasil tani dengan bentuk biji kecil. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat memberikan manfaat serta motivasi bagi anda dalam memulai suatu usaha UKM maupun untuk mengembangkan usaha anda dalam bidang produksi di berbagai bidang tersebut. Apabila anda masih memiliki pertanyaan seputar mesin-mesin yang akan anda butuhkan, jangan segan – segan untuk menghubungi kami dan berkonsultasi dengan kami karena kami akan selalu siap membantu anda demi kesuksesan usaha anda. Didalam setiap perkembangan teknologi yang kami berikan, kami selalu bekerja secara professional, kreatif, inovatif dan selalu mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar dapat berkarya secara maksimal dan lebih mencintai produk – produk Indonesia demi kesejahteraan masyarakat dengan ber wirausaha. Jangan takut untuk memulai usaha dengan kami sebagai mitra bisnis anda, karena kami akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk mesin-mesin yang anda butuhkan.

Toko Mesin Solusindo adalah salah satu perusahaan yang berlokasi di Malang Jawa Timur yang bergerak di bidang produksi mesin dan supplier mesin dengan berbagai macam kebutuhan mesin anda mulai dari mesin pendingin seperti mesin pembuat es tube, mesin cetak es balok, ruangan pendingin atau biasa disebut cold room maupun cold storage, ada juga mesin pengolahan makanan seperti mesin pembuat abon ikan dan daging, mesin pembuat keripik buah atau vaccum frying, mesin pembuat bawang goreng, mesin pembuat dodol atau jenang dll. Toko mesin solusindo juga menyediakan mesin pertanian, mesin teknologi tepat guna, mesin pengemas mesin pengolahan makanan dan juga minuman, mesin buatan lokal untuk beberapa kebutuhan produksi, mesin import untuk mesin mesin khusus makanan, minuman dan mesin pendingin, serta masih banyak lagi mesin – mesin yang lainnya yang bisa kami sediakan untuk menunjang kesuksesan usaha yang anda mulai. Kami menyediakan berbagai macam mesin untuk kebutuhan usaha anda mulai dari usaha skala home industri, usaha kecil dan menengah, maupun skala industri. Toko mesin solusindo akan selalu siap membantu anda dalam memulai suatu usaha atau dalam pengembangan usaha anda dengan menyediakan berbagai macam mesin untuk menunjang usaha dengan berbagai macam kapasitas mesin yang dibutuhkan dan dapat disesuaikan dengan permintaan anda atau mesin custom, serta dapat disesuaikan dengan dana atau modal awal anda. Untuk keterangan mesin mesin industry yang lebih lengkap, dengan spesialis mesin pengolahan pengolahan hasil tani seperti mesin ice flake, mesin ice scaler, mesin ice tube, mesin ice cube, dan juga masih banyak jenis mesin es lainnya dapat anda kunjungi di website utama kami di www.tokomesinsolusindo.co.id

Hal-hal yang melatar belakangi berdirinya Toko Mesin Solusindo adalah karena mengingat kebutuhan konsumen akan mesin teknologi tepat guna belakangan ini sangat diperlukan bagi semua pelaku usaha, mulai dari usaha perorangan, usaha home industry, maupun usaha kecil dan menengah atau UKM. Kami juga turut berpartisipasi dalam mendukung program pembangunan pemerintah dalam bidang sumber daya manusia yang mandiri, kreatif dan produktif dalam ber wirausaha. Kami juga akan terus mendukung program bantuan pemerintah dalam bidang tersebut agar tercipta masyarakat yang mandiri dan sejahtera, dan kami pun akan selalu meningkatkan inovasi serta kreatifitas kami demi terpenuhi nya kebutuhan – kebutuhan akan alat maupun mesin untuk menunjang kinerja produktifitas para masyarakat pelaku usaha. Dengan selalu memprioritaskan pada kesejahteraan masyarakat, kami pun mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia untuk selalu memberikan inovasi yang terbaik demi terciptanya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dengan ber wirausaha.

Anda kebingungan untuk mencari mesin apa yang cocok untuk memulai usaha anda? Kami mempunyai business consultant yang selalu siap untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan memberikan anda saran untuk mesin apakah yang cocok untuk kebutuhan usaha anda. Anda tidak perlu bingung untuk mencari mesin yang tepat, tetapi kamilah yang selalu siap untuk memandu anda dalam menentukan mesin yang anda butuhkan dengan hasil yang efektif. 

Anda kebingungan untuk mengoperasikan mesin yang sudah anda beli? Kami siap untuk mengirim teknisi kami ke tempat anda untuk menjelaskan tata cara penggunaan mesin sampai dengan tata cara untuk merawat mesin agar awet dan juga bekerja secara maksimal. Mulai daerah sabang sampai merauke, teknisi akan siap kami luncurkan untuk support mesin anda dari awal penggunaan sampai dengan hasil mesin sesuai fungsinya. Kami siap untuk menjadi konsultan bisnis anda dalam menentukan mesin apakah yang cocok untuk usaha baru yang akan anda geluti, dan juga alat pendukung apa yang dapat kami buatkan untuk mensukseskan usaha anda. Hotline service kami akan selalu siap sedia untuk anda jika ada kebutuhan yang ditujukan untuk mesin yang anda gunakan, atau untuk kebutuhan usaha anda yang baru, atau untuk menambah mesin untuk ekspansi usaha anda.

VISI
Menjadi perusahaan yang dapat dipercaya dan terkemuka dalam mengembangkan inovasi mesin teknologi tepat guna demi terciptanya sumber daya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dalam ber wirausaha.

MISI
Selalu mengembangkan inovasi dan kreatifitas serta profesionalisme kerja dalam menciptakan dan mendesign mesin teknologi tepat guna demi meningkatkan produktifitas dan kesuksesan usaha masyarakat dalam ber wirausaha mandiri.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai spesifikasi mesin dan harga mesin untuk segala kebutuhan mesin anda dengan penawaran harga terbaik silahkan menghubungi hotline service kami. Atau isikan dalam kolom komentar website kami untuk menginfokan mesin apa yang anda butuhkan beserta dengan kapasitasnya, kami akan mengirimkan lewat email kebutuhan yang anda butuhkan. Kami menyediakan mesin lokal dan juga mesin import dengan kualitas mesin terjamin dan harga mesin yang sesuai dengan budget anda. Mesin bergaransi dan juga tersedia spare part atau beberapa bagian mesin khusus yang dapat diganti. 90% mesin lokal kami dibuat dari body mesin stainless steel untuk menjaga keawetan dari mesin, ekfektifitas produksi, dan juga kemanan untuk pengolahan makanan dan minuman.

Salam Sukses
TOKO MESIN SOLUSINDO

We Serve:

Mesin Ice Maker, Cold Room, Freezer, Chiller, Mesin Pengolahan Daging, Mesin Pengolahan Ikan, Mesin Industrial, Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Pengolahan Minuman, Mesin Pengolahan Roti, Perlengkapan Restoran & Hotel, Mesin Destilasi, Mesin Pengolahan Minyak Kelapa (VCO), Mesin Pengolahan Kompos, Mesin Pakan Ternak, Diesel, Mesin Cetak Batako, Mesin Cetak Paving, Mesin Cetak Bata Merah, Pompa Air, Mesin Cetak Bakso, Mesin Bor Tanah, Mesin Pengolahan Hasil tani, Mesin Pengolahan Kopi, Mesin Pengering, Mesin Pengemas, Etc. (Menerima Pengerjaan Tender Diseluruh Indonesia).

Posting Komentar

0 Komentar