Peluang Usaha Olah Pupuk Kompos


pupuk-granul-kompos

Kompos ialah hasil penguraian yang tidak lengkap dari campuran bahan organik yang dapat dipercepat secara artificial oleh populasi mikroba dalam kondisi lingkungan yang lembab, hangat, aerobic dan anaerobic. Untuk pengomposan adalah proses bahan organik mengalami penguraian secara biologis, khususnya oleh mikroba yang memanfaatkan bahan organik untuk sumber energy. Membuat kompos adalah mengontrol dan memproses secara alami oleh mikroba mikroba sehingga proses pembuatan kompos akan terbentuk lebih cepat. Apakah manfaat kompos? Manfaat kompos yang utama adalah memperbaiki kondisi fisik tanah, dan kompos akan berperan dalam menjaga fungsi tanah agar unsure hara dalam tanah mudah dimanfaatkan oleh tanaman. Kompos sangat bermanfaat bagi proses pertumbuhan tanaman. Dari struktur tanah yang kering dan lading serta menjaga fungsi tanah sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik. Kompos dapat merekatkan butir butir pada tanah dan mampu menjadi penyeimbang untuk kerekatan pada tanah. Mikroorganisme dalam tanah juga akan melakukan aktivitas pada tanah jika tercampur dengan kompos. Sehingga tanah yang awal mulanya keras dan sulit untuk ditembus udara ataupun air, kini dapat menjadi subur gembur akibat aktivitas mikroorganisme yang tercampur dengan kompos di bawah tanah. Tanah yang bercampur dengan bahan organik seperti kompos, akan mempunyai pori pori dengan daya rekat yang baik daripada yang tidak bercampur, sehingga kompos sendiri mampu mengikat dan menahan ketersediaan air di dalam tanah. Erosi air secara langsung akan dapat ditahan dengan adanya kompos pada tanah. Bagaimanakah cara memproduksi kompos tersebut menjadi pupuk kompos organik yang baik untuk tanah? Dibawah ini akan dijelaskan mengenai pupuk kompos serta jenis jenisnya.

Pupuk kompos adalah salah satu pupuk organik yang dibuat dengan cara menguraikan dari sisa sisa tanaman dan hewan dari bantuan organisme hidup. Organisme pengurainya bisa berupa mikroorganisme atau makroorganisme. Teknologi pengomposan secara alami prosesnya berjalan sangat lambat, akan memakan waktu sampai berbulan bulan bahkan juga bisa sampai berjalan bertahun tahun. Tetapi sekarang proses penguraian material organik dapat diolah dan dilakukan dalam tempo waktu yang lebih singkat. Pupuk kompos sangat mudah dibuat dan teknologi yang dibutuhkan sangatlah sederhana. Baik untuk skala pertanian besar, ataupun untuk perkebunan dengan latar yang kecil. Maka dari itu peluang usaha pengolahan pupuk kompos menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan, dengan cara produksi yang mudah, anda dapat memproduksi pupuk kompos untuk siap dijual di pasaran. Sebelum memulai bisnis di bidang produksi pupuk kompos atau kompos organik, sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis jenis pupuk kompos yang umum dipakai untuk tanaman kebutuhan pertanian atau perkebunan. Terdapat pengelompokan jenis jenis pupuk kompos dan dilihat dari tiga aspek, pertama dilihat dari proses pembuatan pupuk kompos, kedua dilihat dari dekomposernya, seperti menggunakan mikroorganisme atau memanfaatkan makroorganisme, atau yang ketiga dilihat dari bentuk, dengan yang berbentuk padat dan ada juga kompos yang berbentuk cair. 

Selain ada kandungan nutrisi yang dibutuhkan tanaman, pupuk kompos akan bekerja dengan cara memperbaiki struktur fisik, biologi serta kimia dari tanah. Secara fisik, kompos akan meningkatkan kemampuan tanah dalam menyimpan air sebagai cadangan untuk disaat saat kekeringan atau kekurangan air. Tanah juga akan menjadi gembur dan sangat cocok untuk media tumbuh akar dari tanaman. Material kompos juga berguna menjadi perekat sehingga tanah menjadi lebih rekat dan padat. Sedangkan pada tanah liat , atau tanah yang solid kompos berfungsi untuk menggemburkan tanah agar tidak terlalu padat. Secara kimiawi, pupuk kompos dapat meningkatkan kapasitas tukar kation di dalam tanah. Kapasitas tukar kation berfungsi sebagai pelepas unsure penting pada tanah agar bisa diserap dengan mudah oleh tanaman. Karena semakin banyak kandungan organik yang berada di dalam tanah, akan semakin baik pula kapasitas tukar kationnya. Sedangkan secara biologi, pupuk kompos adalah media yang baik bagi organism tanah untuk berkembang biak. Aktivitas mikroorganisme dan beberapa hewan kecil di tanah akan memperkaya tanah dengan zat hara, yang sangat penting bagi tanaman. Mikroorganisme dan hewan kecil di tanah juga salah satu factor untuk kesuburan tanaman yang anda taman, maka dari itu pupuk organik atau pupuk kompos sangat dibutuhkan untuk tanaman.
Pupuk kompos yang baik, akan menjadi pilihan utama bagi petani atau pekebun, karena manfaat manfaat yang sangat dibutuhkan oleh tanaman, bermanfaat untuk tanah yang digunakan untuk menanam dan kesuburan tanaman akan terjamin. Pupuk kompos yang baik akan memiliki ciri ciri umum sebagai berikut : Warna dari pupuk kompos coklat kehitaman, berbentuk butiran butiran gembur dengan struktur seperti tanah, dari segi bau sama dengan tanah, saat diaplikasikan pada tanah tidak akan memicu tumbuhnya gulma. Untuk pengetesan pupuk kompos yang baik, dengan cara memasukkan pupuk kompos tersebut ke dalam air. Jika sudah dimasukkan ke dalam air dan seluruhnya tenggelam, serta air tetap jernih dan tidak berubah warna, maka pupuk kompos tersebut akan berkhasiat baik bagi tanaman anda. Perkembangan permintaan terhadap produk organik seperti pupuk kompos yang terus meningkat tiap tahunnya telah menaikkan pasar dan bisnis di bidang pengolahan pupuk, baik dalam bentuk serbuk seperti kompos yang padat, pupuk khusus kandang, ataupun pupuk organik cair. Apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini kemudahan dalam mengaplikasikan pemupukan, dan kini aneka sumber nutrisi organik serbuk kompos tersebut dibentuk dalam bentuk granul atau butiran.
 Berikut dibawah ini ada beberapa contoh dari jenis jenis pupuk kompos yang umum dipakai untuk menyuburkan tanaman pertanian dan juga tanaman perkebunan.

Jenis jenis pupuk kompos
1. Vermi Kompos
Vermin kompos adalah salah satu produk kompos organik yang memanfaatkan makroorganisme sebagai pengurainya. Makroorganisme yang digunakan seperti cacing tanah dengan jenis yang beragam. Cara membuat vermin kompos adalah dengan memberikan bahan organik sebagai pakan cacing tanah. Saat cacing tanah mengeluarkan kotoran dalam tanah, maka kotoran tersebut lah yang dinamakan vermin kompos. Jenis organism lain yang dapat digunakan untuk membuat kompos selain cacing tanah adalah belatung atau maggot black soldier fly.
2. Pupuk organik cair
Pupuk organik cair merupakan jenis pupuk kompos yang dibuat dengan cara pengomposan basah. Pupuk organik cair dibuat untuk lebih mudah diserap oleh tanaman dikarenakan bentuknya. Dari beberapa prakter, pupuk organik dalam bentuk cair lebih efektif diberikan pada daun disbanding pada akar. Terdapat takaran khusus untuk penyemprotan pupuk organik cair pada daun, atau dengan ukuran dosis yang tepat sehingga daun dari tanaman akan memperolah hasil yang maksimal, tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan. Jika memberikan dosis yang berlebihan pada daun, daun tersebut akan layu, bahkan bisa layu dengan sangat cepat. Untuk tanaman dengan sistem hidroponik, akan lebih efektif diberikan pada bagian akar tanaman.
3. Pupuk kompos aerob
Pupuk kompos jenis aerob ini dibuat dengan proses biokimia yang membutuhkan oksigen sebagai salah satu bahan pembuatannya. Bahan baku utama dari pupuk kompos jenis aerob adalah dari sisa sisa tanaman, kotoran hewan, atau dari campuran antara keduanya. Lama waktu dekomposisi dari kompos tergantung dari jenis decomposer, dan bahan baku pupuk yang digunakan. Rentang waktu yang dibutuhkan untuk membuat pupuk jenis aerob ini sekitar 40 sampai dengan 50 hari.
4. Pupuk kompos bokashi
Pupuk kompos bokashi adalah salah satu tipe dari pupuk kompos anaerob yang sangat sering digunakan. Ciri ciri pupuk jenis bokashi ini terletak pada jenis inokulan untuk starternya, yaitu EM4 atau efektif mikroorganisme. Inokulan sendiri terdiri dari campuran berbagai macam mikroorganisme pilihan yang dapat mendekomposisi bahan organik dengan cepat dan juga efektif. 

Setelah mengetahui beberapa macam jenis dari kompos organik, maka anda dapat memulai peluang usaha bisnis produksi pupuk kompos organik. Bahan baku yang murah serta peminat pupuk organik yang akan selalu ada, dikarenakan perkembangan pertanian dan perkebunan di Indonesia terus meningkat, dikarenakan pula tingkat konsumsi dari hasil pertanian dan perkebunan terus meningkat, maka peluang usaha olah pupuk kompos dapat dijadikan acuan untuk referensi bisnis anda. Jenis pupuk organik yang sering diproduksi dan diminati di pasaran adalah pupuk organik dengan bentuk granul atau disebut dengan POG atau pupuk organik granul. Permintaan yang tinggi, tetapi produsen masih belum bisa memenuhi permintaan tersebut, dapat menjadi peluang usaha anda untuk masuk ke bidang usaha pengolahan pupuk organik, agar permintaan konsumen selalu tercukupi. Toko mesin solusindo menyediakan mesin khusus untuk memproduksi pupuk organik, untuk upaya pendukung peningkatan kualitas pupuk organik di Indonesia, yang akan membantu usaha anda dalam memproduksi pupuk organik berkualitas. Dengan pupuk organik hasil produksi mesin kami, anda akan dapat menarik minat petani untuk membeli produk pupuk organik anda. Paket mesin produksi kompos organik terdiri dari beberapa mesin yang akan mengolah bahan kompos dari awal sampai dengan produksi akhir yang siap dikemas dan dipasarkan ke konsumen. Terdiri dari mesin pencacah kompos atau dapat disebut dengan mesin grinder kompos sebagai langkah awal untuk mencacah bahan kompos sampai halus, atau dapat juga menggunakan mesin appo atau pencacah dengan tipe halus, disesuaikan dengan bahan yang digunakan untuk produksi kompos. Setelah proses pencacahan selesai, selanjutnya adalah mesin pengayak kompos, untuk mengayak bahan kompos dan memisahkan dari kompos yang siap dilanjut proses, dan yang harus dibuang atau tidak terpakai. Lalu tahap selanjutnya adalah mesin mixer kompos yang digunakan untuk pencampuran bahan baku kompos, dan yang terakhir adalah mesin granulator yang digunakan untuk proses akhir menjadikan kompos organik dengan bentuk bulat atau dapat disebut dengan granul. Beberapa mesin inilah yang mengolah pupuk organik dengan hasil yang maksimal, dan tentu produk pupuk organik dengan jenis granul yang akan diminati oleh banyak petani di Indonesia. Paket mesin pengolahan pupuk kompos (kompos granul) ini dapat diaplikasikan untuk pertanian, perkebunan, ataupun untuk peternakan. Beberapa kapasitas produksi telah disiapkan oleh Toko mesin solusindo, untuk menyesuaikan dengan kebutuhan anda, serta menyesuaikan modal awal usaha anda. Dimulai dari kapasitas produksi yang paling kecil, sampai dengan kapasitas produksi khusus untuk menunjang usaha pupuk kompos yang telah anda jalani. Paket mesin kompos granul kami sudah terjual di berbagai daerah di Indonesia sebagai mesin utama untuk menunjang produksi dengan hasil yang maksimal. Mutu dan kualitas mesin serta produk yang dihasilkan sudah terjamin. Berikut ini akan dijelaskan satu persatu untuk keterangan mesin dan juga sedikit cara menggunakan mesin dari paket mesin kompos granul.

Pupuk organik berbentuk granul dibuat dari bahan baku meliputi semua material dari organik dalam bentuk kotoran hewan ternak, material tambang seperti zeloit dan dolomite, bahan pengkayaan hara atau enrichment lainnya seperti pelarut posfat dan pengikat nitrogen, abu janjang sawit dan lignite atau batubara muda. Granul berbentuk seperti kacang hijau atau kacang kedelai dengan ukuran 2mm sampai dengan 4mm, yang berfungsi untuk menambah unsur hara yang akan memacu bergabungnya mikroorganisme dengan tanah. Dari bahan bahan tersebut terkandung K2O yaitu sumber kalium yang berasal dari abu janjang sawit, lalu P205 dari phosphates alam, lalu dari lignite atau batubara muda untuk meningkatkan rasio C/N dan zat pengatur tumbuh atau ZPT, mikroba pelarut dan asam amino juga sering ditambahkan oleh produsen yang sudah bergelut di produksi pupuk kompos granul untuk produksi pupuk organik granul nya. Meski tiap produsen pasti memiliki ramuan yang berbeda beda untuk produk komposnya, tetapi tingkat mutu dan kategori pupuk yang baik tetap menjadi target pasar dan juga bagaimana cara kita memasarkan produk pupuk organik kita. POG atau Pupuk Organik Granul memiliki kekasaran tertentu dengan kandungan NPK lengkap dan senyawa asam amino, dan juga tergantung dari bahan baku yang digunakan. Pupuk organik yang berkualitas harus terbebas dari material sampah seperti kaca, logam, mikroba pathogen, dan logam berat lainnya. Jika kualitas pupuk buruk maka akan merugikan petani yang menggunakan pupuk tersebut. Jika petani hanya mengandalkan kepada supplier kompos yang seringkali mengesampingkan jaminan kualitas, seperti hanya mengayak tanah seadanya tanpa memperdulikan campuran dari tanah tersebut, pasti akan sangat beresiko pada hasil pupuk organik granul yang dibuat. Padahal kualitas pupuk akan menjadi promosi yang baik juga untuk petani lainnya, dan tentu minat petani di kalangan luas akan meningkat secara drastis. Kualitas pupuk organik juga ditentukan dari penyediaan alat mesin untuk sistem produksinya dikarenakan langkah manual juga akan mempengaruhi kualitas dari produk.

1. Mesin Appo Kompos (mesin pencacah kompos)
mesin-appo-kompos-organik

Untuk mengolah bahan baku organik yang akan digunakan untuk pupuk, seperti sampah organik, tanaman, atau beberapa bahan lainnya, tentunya dari bentuk dan ukuran awal sangat beragam. Untuk menghasilkan kompos yang berkualitas, anda perlu mengolah sampah organik atau sampah tanaman ini menjadi ukuran kecil kecil dan terurai. Langkah awal yang dilakukan adalah mencacah sampah organik dengan menggunakan mesin appo atau sebutan untuk pencacah bahan kompos. Bahan baku awal ini akan diproses melalui pencacahan sehingga bentuk dan ukuran yang awalnya besar, menjadi kecil dan siap untuk diproses ke mesin selanjutnya. Untuk pencacahan sempurna, di dalam mesin appo kompos terdapat pisau tajam yang siap mencacah bentuk sampah organik sampai halus, dengan penggerak mesin menggunakan diesel untuk tenaga besar yang dibutuhkan. Semakin besar kapasitas produksi dari mesin, semakin besar pula diesel atau penggerak yang dibutuhkan. Keterangan dari mesin pencacah kompos yaitu dengan body mesin yang terbuat dari besi atau Mild Steel, dari body mesin luar sampai dengan kaki penyangga mesin serta tempat untuk menaruh diesel penggerak mesin. Pisau baja dengan ketajaman maksimal akan mencacah sampah organik sampai benar benar terurai sempurna. Terdapat panel listrik yang memudahkan anda untuk mengoperasikan mesin, sehingga anda tidak perlu susah payah untuk menghidupkan atau mematikan mesin saat proses penggunaan. Kelengkapan mesin seperti Vbelt untuk diesel sudah tersedia. Terdapat tuas sehingga anda dapat dengan mudah memindahkan mesin appo kompos ke tempat yang anda inginkan.

2. Mesin Grinder Kompos (mesin penggiling kompos)
mesin-penggiling-bahan-kompos

Langkah selanjutnya setelah proses pencacahan bahan baku kompos, adalah menggunakan mesin grinder kompos, atau mesin untuk menggiling bahan baku kompos setelah proses pencacahan. Hasil cacahan akan melalui proses kembali hingga menghasilkan bahan baku yang sangat kecil dan lembut. Dari segi ukuran akan lebih kecil, dan bobot tentu lebih ringan daripada bahan baku sebelumnya. Proses dari mesin grinder kompos ini akan menjadikan bahan baku anda standard dari kompos yang diinginkan, dari segi bentuk dan juga ukuran. Proses mesin antara mesin appo kompos dan mesin grinder kompos hampir sama, yang membedakan adalah proses grinder dapat digunakan berkali kali seperti proses penggilingan, sampai bahan baku kompos benar benar halus dan berbentuk kecil kecil. Terdapat saringan atau plat korporasi sehingga bahan baku yang sudah benar benar halus akan jatuh kebawah, sedangkan bahan baku yang belum halus akan terus digiling dalam mesin. Keterangan mesin pencacah kompos atau mesin grinder kompos adalah sebagai berikut. Tidak berbeda jauh dengan mesin appo kompos, body mesin terbuat dari Mild steel dan juga kaki penyangga mesin juga dari pipa mild steel. Terdapat panel listrik untuk memudahkan pengoperasian mesin, serta diesel untuk penggerak mesinnya. Yang membedakan dari mesin appo kompos dan mesin grinder kompos adalah dari jumlah pisau, serta proses mesinnya. Pisau baja dari mesin grinder kompos lebih banyak dan posisi pisau juga rapat merata, untuk proses penggilingan yang sempuna, sedangkan appo kompos posisi pisau baja tidak sejajar karena fungsi yang dikhususkan adalah fungsi pencacahan. Terdapat korporasi juga untuk mesin grinder kompos untuk melewatkan bahan baku yang benar benar sudah halus, dan dengan bentuk kecil kecil. Dan perbedaan lainnya, untuk mesin grinder kompos ini tidak memiliki tuas dan roda besi, sehingga mesin grinder ini bersifat paten atau tidak dapat dipindahkan tempat dengan mudah. Kapasitas produksi juga akan menyesuaikan dengan kapasitas mesin lainnya di paket mesin olah pupuk kompos. Tersedia spare part mesin dan tentu mesin dari Toko mesin solusindo tersedia juga garansi mesin, sehingga akan aman untuk anda pengusaha baru atau melanjutkan usaha yang sudah berjalan, untuk menggunakan mesin mesin kami.

3. Mesin Pengayak Kompos (Ayakan bahan kompos)
mesin-pengayak-kompos

Proses pencacahan dan penggilingan kompos sudah selesai, maka proses selanjutnya adalah mengayak bahan kompos, untuk memisahkan antara bahan baku yang masih kasar, dengan bahan baku yang sudah benar benar halus agar dapat diproduksi ke tahap selanjutnya. Untuk bahan baku yang masih kasar, dapat diulang kembali ke proses penggilingan menggunakan mesin grinder kompos, sedangkan bahan baku yang sudah halus dapat dilanjutkan ke proses mesin mixer kompos. Proses pengayakan sangatlah mudah menggunakan mesin pengayak kompos kami, anda hanya tinggal memasukkan bahan baku saja ke dalam mesin, lalu mesin pun melakukan proses pengayakan. Untuk bahan yang sudah jatuh kebawah dapat langsung ditampung dan diolah ke tahap selanjutnya, dan yang masih berada dalam ayakan dapat diproses ulang untuk penggilingan. Proses pemutaran ayakan menggunakan penggerak diesel ditambah dengan gearbox untuk membuat perputaran menjadi perlahan, tidak secepat putaran pisau dari mesin grinder kompos ataupun mesin appo kompos. Keterangan dari mesin ayakan bahan kompos adalah sebagai berikut. Mesin terbuat dari Mild steel dan terdapat korporasi dengan lubang yang sangat kecil sesuai dengan permintaan konsumen untuk kebutuhan kehalusan bahan komposnya. Penggerak mesin ayakan kompos menggunakan diesel ditambah dengan gearbox untuk ratio perputaran mesin yang perlahan.Vbelt, rantai serta gear sudah tersedia termasuk dengan pembelian mesin. Proses pengayakan adalah proses penting dalam pembuatan kompos organik, dikarenakan kompos akan benar benar bagus jika struktur dari bahan baku juga halus maksimal.

4. Mesin Mixer Kompos (alat pencampur bahan baku kompos)

Setelah proses pengayakan bahan kompos selesai, anda dapat melanjutkan proses produksi dengan mencampur bahan baku kompos dengan campuran lainnya. Butiran halus dari hasil ayakan kompos akan dicampur dengan bahan seperti ragi kompos, dan juga bahan pelengkap lainnya. Pencampuran ini dapat meredam bau busuk atau bau tidak sedap jika bahan baku yang digunakan berasal dari sampah organik. Untuk pencampuran manual tanpa menggunakan mesin mixer kompos akan membutuhkan waktu yang sangat lama, dikarenakan pencampuran tersebut secara alami dan tidak dengan alat bantu apapun. Perekatan antara ragi dengan bahan baku pun akan lama, dan bisa jadi tidak tercampur sepenuhnya. Proses manual selain memakan waktu juga membutuhkan tenaga yang besar jika bahan baku yang diolah juga berkapasitas besar pula. Maka agar lebih efektif dan lebih cepat dalam pengolahan bahan baku kompos, anda dapat menggunakan mesin mixer kompos atau mesin pencampur bahan kompos kami. Karena dengan menggunakan mesin pencampur bahan baku, anda dapat melakukan proses pencampuran di wadah khusus yang tertutup serta mempercepat proses fermentasi. Keterangan dari mesin mixer kompos adalah sebagai berikut. Body mesin terbuat dari mild steel, dari wadah dalam mesin dan juga kaki penyangga dengan menggunakan pipa dan siku dari mild steel. Untuk penggerak mesin pencampur bahan kompos menggunakan diesel agar pencampuran bahan baku dan bahan pencampur menjadi merata. Proses mixer kompos adalah 1 langkah sebelum langkah akhir dari pengolahan kompos organik granul. Pencampuran cepat untuk proses fermentasi kompos akan sangat penting dalam produksi kompos organik, sehingga hasil pupuk organik atau pupuk kompos yang anda produksi tidak bau dan juga bagus dari segi tampilannya, untuk mendapatkan kategori pupuk yang baik seperti bahasan awal diatas.

5. Mesin Granulator (Alat Granul Kompos Organik)
alat-granulator-kompos

Untuk langkah terakhir dari pengolahan pupuk kompos dengan menggunakan paket mesin olah pupuk kompos adalah proses granul atau memadatkan bahan kompos yang sudah dicampur di mixer kompos, lalu akan diolah di mesin granulator untuk dicampur dengan spray khusus agar pupuk menjadi bentuk bulat padat. Mesin ini dapat juga disebut dengan mesin pencetakan butiran kompos. Setelah proses penyimpanan kompos dalam bentuk sempurna, maka proses akhir adalah memadatkan menjadi butiran halus dari awal hasil mixer kompos menjadi bulatan kecil. Permukaan kasar pada pupuk granul menjadi tujuan dari produksi dikarenakan pasar lebih suka dalam bentuk tersebut. Selain menekan biaya, cara ini juga memaksimalkan hasil produk pupuk organik, yang tentu dikategorikan sebagai pupuk yang baik. Keterangan mesin granulator adalah sebagai berikut. Body mesin terbuat dari mild steel terutama untuk wadah proses pencetakan granul kompos, lalu untuk kaki penyangga menggunakan siku dari mild steel dan juga pipa kotak. Penggerak dari mesin granulator menggunakan diesel dan juga gearbox, dikarenakan perputaran mesin granul membutuhkan rasio putaran yang perlahan untuk hasil spray yang maksimal. Gear , rantai dan juga vbelt sudah siap sedia termasuk pembelian mesin. Jika anda menginginkan untuk body mesin khususnya wadah proses granulator tidak dengan bahan mild steel, anda dapat request ke kami untuk diganti dengan stainless steel. Fungsi tetap sama, hanya saja keawetan untuk mesin akan berbeda dikarenakan segi kualitas bahan. Mesin granulator kompos ini adalah proses terakhir dari produksi pupuk organik. Jangan ragu untuk mencoba mesin dari Toko mesin solusindo karena mesin kami sudah teruji mutu dan juga kualitasnya, mesin kami sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia.
Penggunaan pupuk organik granul (POG) sangat penting bagi tanaman. Karena dengan kandungan NPK dalam batas tertentu akan memiliki kandungan nutrisi yang terbatas, sesuai dengan sifat bahan organik yang dimiliki. Organik dari pupuk granul diketahui memiliki kandungan lain juga yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Senyawa senyawa organik lain yang dibutuhkan oleh tanaman seperti asam humik, asam fulvat, dan berbagai macam senyawa organik lainnya. Menggunakan pupuk granul dalam tanah akan menjadi generator bagi mikroorganisme dalam tanah, dan memberikan supplai nutrisi bagu tanaman, dan dengan itu pula dapat mengurangi dosis pupuk kimia yang digunakan. Tanaman tahunan atau tanaman keras seperti kakao, sawit, dan kopi akan sangat memerlukan pupuk granul dikarenakan perimbangan kandungan organik sangat menyehatkan bagi tanaman. Pengaplikasikan pupuk organik granul pada tanaman juga harus diperhatikan waktunya, karena untuk hasil yang maksimal dan juga khasiat untuk tanaman dengan hasil yang memuaskan. Seperti tanaman palawija, cabai, kacang tanah, kedelai, terong, umbi umbian , wortel, kentang, sawi, bawang daun, dan masih banyak lagi jenis tanaman pertanian atau perkebunan lainnya, dapat diaplikasikan pupuk organik granul saat awal masa tanam. Dapat juga diaplikasikan untuk tanaman keras jenis buah buahan seperti nangka , jeruk , apel , mangga, rambutan , salak dan durian. Waktu pengaplikasian pupuknya 2x per tahunnya, di saat awal musim hujan, atau di akhir musim hujan.

            Agar tujuan pemupukan menggunakan pupuk organik granul tercapai, pupuk juga harus diaplikasikan secara benar dan tepat. Dalam pemupukan sendiri harus diperhatikan dari segi jenis tanaman yang ditaman, jenis pupuk yang digunakan, serta waktu pemberian pupuknya. Pupuk organik dengan tipe kompos atau juga pupuk kandang tidak hanya digunakan sebagai pupuk dasar saat pengolahan awal tanam saja, tetapi juga harus diberikan secara berkala paling tidak 2 kali dalam setahun untuk struktur tanah yang selalu akan terjaga dengan baik. Pemberian pupuk organik granul dapat diaplikasikan dengan cara bermacam macam, seperti ditebarkan langsung ke permukaan tanah, di areal tanaman dengan jarak tanam yang rapat antar satu tanaman dengan tanaman yang lainnya, atau tanaman yang masih berumur muda, akan sangat cocok untuk ditebarkan langsung di tanahnya. Atau dapat dengan cara di benamkan ke dalam tanah, karena cara ini lebih efektif dan juga lebih efisien. Membenamkan pupuk organik granul ke tanah secara langsung, akan menghindari kehilangan unsure hara akibat bisa saja pupuk akan tercuci atau menguap. Cara membenamkan ke dalam tanah pun terbagi dari beberapa cara, seperti pemupukan di lubang tanaman sebelum waktu penanaman, atau diberikan saat pengolahan tanah, sehingga proses mengelola tanah sebelum menanam sekaligus dengan menaruh pupuk granulnya. Lalu cara lain dengan di tempatkan di antara baris tanaman, sehingga nantinya mikroorganisme dalam tanah akan saling melewati dengan tanah dan juga tanaman yang sejajar. Cara lain yaitu ditempatkan melingkar di tanaman, cara ini agak berbeda dengan diantara baris tanaman karena akan memastikan bahwa tiap tanaman akan dikelilingi oleh pupuk granul per butirnya, sehingga akan jauh lebih maksimal. Cara terakhir yaitu ditanam dilarikan dekat perakaran, atau ditugal dekat perakaran. Cara terakhir akan memastikan bahwa proses pemupukan akan berjalan lancar, dikarenakan pupuk juga terletak di dekat akar.

            Dengan menggunakan mesin mesin dari paket mesin olah pupuk kompos anda akan mendapatkan produk pupuk organik granul yang diproses secara modern, dengan kualitas yang baik yang tentu akan siap bersaing di pasaran. Banyaknya permintaan konsumen khususnya di daerah maju ataupun daerah terpencil, tentunya tidak akan pernah terpenuhi semuanya. Dikarenakan hal tersebut peluang usaha produksi pupuk organik granul ini selalu besar. Silahkan langsung bertanya kepada kami untuk kapasitas produksi yang cocok untuk modal awal anda dalam bisnis di bidang produksi pupuk organik. Hotline service kami akan siap untuk memberikan info mengenaik paket mesin kompos melalui email, dan juga melalui telepon. Teknisi kami akan siap untuk menjelaskan dari awal bagaimana cara pengoperasian mesin satu persatu, dan juga bagaimana cara merawat mesin mesin tersebut agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Teknisi kami siap menuju ke daerah anda, karena teknisi dari Toko mesin solusindo sudah ke berbagai daerah di seluruh Indonesia untuk menangani mesin mesin yang telah dibeli oleh konsumen. After sale kami adalah modal utama untuk menjalin hubungan yang baik antara kami sebagai produsen mesin dan anda sebagai konsumen kami, karena kesuksesan anda yang di peroleh dari mesin kami lah tujuan kami. Jika terjadi kerusakan atau anda membutuhkan spare part mesin, kami siap untuk menyediakan spare part khusus untuk mesin tersebut, dengan memaksimalkan produktivitas kami untuk melayani anda. Sebagai mitra bisnis anda tentunya kami memikirkan jalan menuju kesuksesan anda. Kami juga menyediakan mesin mesin lain dengan bidang pertanian, perkebunan, dan juga peternakan seperti mesin pengolahan padi, mesin gali tanah khusus biopori perkebunan, mesin penepungan biji bijian, mesin pengolahan ayam potong, mesin penetasan telur, dan masih banyak lagi mesin lainnya. Sangat cocok untuk memulai usaha baru, bisnis UKM (usaha kecil menengah), usaha menengah yang sudah anda jalankan, bahkan kami juga menyediakan mesin mesin berkapasitas besar yang siap untuk menunjang bisnis besar anda.

Demikian penjabaran serta penjelasan dari kami mengenai Peluang Usaha Olah Pupuk Kompos. Dimulai dari pembahasan mengenai pengertian dari pupuk kompos, jenis jenis kompos organik, manfaat kompos organik untuk tanaman, pembahasan selanjutnya mengenai bisnis usaha di bidang pengolahan kompos organik, khususnya mengenai pengolahan kompos organik yang baik untuk tanah. Pembahasan akhir sedikit membahas tentang manfaat pupuk organik jenis granul untuk tanaman, dan bagaimana cara penanamannya. Berbagi ilmu dan juga peluang bisnis tentunya menjadi tugas kami untuk membuka referensi anda mengenai peluang usaha yang dapat anda tekuni, terutama di bahasan ini dalam bidang produksi pupuk organik, dengan bentuk pupuk granul atau pupuk dengan bentuk biji kecil. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat memberikan manfaat serta motivasi bagi anda dalam memulai suatu usaha UKM maupun untuk mengembangkan usaha anda dalam bidang produksi di berbagai bidang tersebut. Apabila anda masih memiliki pertanyaan seputar mesin-mesin yang akan anda butuhkan, jangan segan – segan untuk menghubungi kami dan berkonsultasi dengan kami karena kami akan selalu siap membantu anda demi kesuksesan usaha anda. Didalam setiap perkembangan teknologi yang kami berikan, kami selalu bekerja secara professional, kreatif, inovatif dan selalu mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar dapat berkarya secara maksimal dan lebih mencintai produk – produk Indonesia demi kesejahteraan masyarakat dengan ber wirausaha. Jangan takut untuk memulai usaha dengan kami sebagai mitra bisnis anda, karena kami akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk mesin-mesin yang anda butuhkan.

Toko Mesin Solusindo adalah salah satu perusahaan yang berlokasi di Malang Jawa Timur yang bergerak di bidang produksi mesin dan supplier mesin dengan berbagai macam kebutuhan mesin anda mulai dari mesin pendingin seperti mesin pembuat es tube, mesin cetak es balok, ruangan pendingin atau biasa disebut cold room maupun cold storage, ada juga mesin pengolahan makanan seperti mesin pembuat abon ikan dan daging, mesin pembuat keripik buah atau vaccum frying, mesin pembuat bawang goreng, mesin pembuat dodol atau jenang dll. Toko mesin solusindo juga menyediakan mesin pertanian, mesin teknologi tepat guna, mesin pengemas mesin pengolahan makanan dan juga minuman, mesin buatan lokal untuk beberapa kebutuhan produksi, mesin import untuk mesin mesin khusus makanan, minuman dan mesin pendingin, serta masih banyak lagi mesin – mesin yang lainnya yang bisa kami sediakan untuk menunjang kesuksesan usaha yang anda mulai. Kami menyediakan berbagai macam mesin untuk kebutuhan usaha anda mulai dari usaha skala home industri, usaha kecil dan menengah, maupun skala industri. Toko mesin solusindo akan selalu siap membantu anda dalam memulai suatu usaha atau dalam pengembangan usaha anda dengan menyediakan berbagai macam mesin untuk menunjang usaha dengan berbagai macam kapasitas mesin yang dibutuhkan dan dapat disesuaikan dengan permintaan anda atau mesin custom, serta dapat disesuaikan dengan dana atau modal awal anda.

Hal-hal yang melatar belakangi berdirinya Toko Mesin Solusindo adalah karena mengingat kebutuhan konsumen akan mesin teknologi tepat guna belakangan ini sangat diperlukan bagi semua pelaku usaha, mulai dari usaha perorangan, usaha home industry, maupun usaha kecil dan menengah atau UKM. Kami juga turut berpartisipasi dalam mendukung program pembangunan pemerintah dalam bidang sumber daya manusia yang mandiri, kreatif dan produktif dalam ber wirausaha. Kami juga akan terus mendukung program bantuan pemerintah dalam bidang tersebut agar tercipta masyarakat yang mandiri dan sejahtera, dan kami pun akan selalu meningkatkan inovasi serta kreatifitas kami demi terpenuhi nya kebutuhan – kebutuhan akan alat maupun mesin untuk menunjang kinerja produktifitas para masyarakat pelaku usaha. Dengan selalu memprioritaskan pada kesejahteraan masyarakat, kami pun mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia untuk selalu memberikan inovasi yang terbaik demi terciptanya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dengan ber wirausaha.

Anda kebingungan untuk mencari mesin apa yang cocok untuk memulai usaha anda? Kami mempunyai business consultant yang selalu siap untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan memberikan anda saran untuk mesin apakah yang cocok untuk kebutuhan usaha anda. Anda tidak perlu bingung untuk mencari mesin yang tepat, tetapi kamilah yang selalu siap untuk memandu anda dalam menentukan mesin yang anda butuhkan dengan hasil yang efektif.

Anda kebingungan untuk mengoperasikan mesin yang sudah anda beli? Kami siap untuk mengirim teknisi kami ke tempat anda untuk menjelaskan tata cara penggunaan mesin sampai dengan tata cara untuk merawat mesin agar awet dan juga bekerja secara maksimal. Mulai daerah sabang sampai merauke, teknisi akan siap kami luncurkan untuk support mesin anda dari awal penggunaan sampai dengan hasil mesin sesuai fungsinya. Kami siap untuk menjadi konsultan bisnis anda dalam menentukan mesin apakah yang cocok untuk usaha baru yang akan anda geluti, dan juga alat pendukung apa yang dapat kami buatkan untuk mensukseskan usaha anda. Hotline service kami akan selalu siap sedia untuk anda jika ada kebutuhan yang ditujukan untuk mesin yang anda gunakan, atau untuk kebutuhan usaha anda yang baru, atau untuk menambah mesin untuk ekspansi usaha anda.

VISI
Menjadi perusahaan yang dapat dipercaya dan terkemuka dalam mengembangkan inovasi mesin teknologi tepat guna demi terciptanya sumber daya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dalam ber wirausaha.

MISI
Selalu mengembangkan inovasi dan kreatifitas serta profesionalisme kerja dalam menciptakan dan mendesign mesin teknologi tepat guna demi meningkatkan produktifitas dan kesuksesan usaha masyarakat dalam ber wirausaha mandiri.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai spesifikasi mesin dan harga mesin untuk segala kebutuhan mesin anda dengan penawaran harga terbaik silahkan menghubungi hotline service kami. Atau isikan dalam kolom komentar website kami untuk menginfokan mesin apa yang anda butuhkan beserta dengan kapasitasnya, kami akan mengirimkan lewat email kebutuhan yang anda butuhkan. Kami menyediakan mesin lokal dan juga mesin import dengan kualitas mesin terjamin dan harga mesin yang sesuai dengan budget anda. Mesin bergaransi dan juga tersedia spare part atau beberapa bagian mesin khusus yang dapat diganti. 90% mesin lokal kami dibuat dari body mesin stainless steel untuk menjaga keawetan dari mesin, ekfektifitas produksi, dan juga kemanan untuk pengolahan makanan dan minuman.

Salam Sukses
TOKO MESIN SOLUSINDO

We Serve:

Mesin Ice Maker, Cold Room, Freezer, Chiller, Mesin Pengolahan Daging, Mesin Pengolahan Ikan, Mesin Industrial, Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Pengolahan Minuman, Mesin Pengolahan Roti, Perlengkapan Restoran & Hotel, Mesin Destilasi, Mesin Pengolahan Minyak Kelapa (VCO), Mesin Pengolahan Kompos, Mesin Pakan Ternak, Diesel, Mesin Cetak Batako, Mesin Cetak Paving, Mesin Cetak Bata Merah, Pompa Air, Mesin Cetak Bakso, Mesin Bor Tanah, Mesin Pengolahan Padi, Mesin Pengolahan Kopi, Mesin Pengering, Mesin Pengemas, Etc. (Menerima Pengerjaan Tender Diseluruh Indonesia).

Posting Komentar

0 Komentar